Kompas.com - 14/01/2022, 08:03 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Nama Ghozali tengah ramai dibicarakan warganet Indonesia. Pasalnya, Ghozali menjual koleksi foto selfie dirinya sebagai NFT dengan harga yang fantastis.

NFT atau Non-Fungible Token adalah sebuah teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

Aset-aset dengan NFT akan tercatat dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata aset kripto lainnya.

Ketika NFT sudah dienkripsi di blockchain pada suatu hal, maka hal tersebut tak lagi bisa direplikasi atau diduplikasi.

Ghozali menjual koleksi foto selfie dirinya dalam bentuk NFT di platform OpenSea.

OpenSea adalah marketplace global yang jadi tempat jual beli NFT. OpenSea didirikan pada 2017 di New York, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Ghozali Everyday Jual NFT Foto Selfie, Harga Tertinggi Tembus Rp 3 Triliun

Selain di OpenSea, Indonesia juga punya marketplace lokal yang jadi tempat jual beli NFT. Berikut ini adalah daftar marketplace NFT lokal Indonesia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Kontan, Jumat (14/1/2022).

Paras.id

Mengutip situs resminya, Paras.id adalah marketplace yang menjual digital arts card atau karya seni digital yang dituangkan dalam bentuk kartu bergambar.

Marketplace NFT lokal ini menawarkan kepemilikan dan kelangkaan digital. Paras.id menggunakan uang kripto NEAR sebagai alat tukar antara pencipta NFT dengan kolektor.

Untuk membuat digital arts card atau aset NFT di Paras.id, pencipta kartu harus mengikuti format kartu digital pada umumnya yang diperdagangkan dalam bentuk NFT yakni dengan rasio 64:89.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.