Kompas.com - 17/01/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Layanan listrik di wilayah Anda sedang bermasalah? Tenang, Anda bisa melaporkannya dengan segera lewat aplikasi PLN Mobile di handphone (HP) Android dan iPhone.

Bagi yang belum mengetahui, PLN Mobile merupakan dikeluarkan secara resmi oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Aplikasi ini bakal memudahkan Anda dalam mengelola penggunaan listrik hanya lewat ponsel. Jadi, misalnya listrik di wilayah Anda mengalami gangguan, Anda tidak perlu repot untuk mencari kontak PLN di Google buat mengatasi masalah itu.

Anda bisa langsung menghubungi PLN lewat layanan pengaduan yang tersedia di aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone/iPad.

Layanan pengaduan ini tidak dipungut biaya alias gratis dan bebas pulsa, selama kuota data tersedia. Respon dari petugas PLN juga cukup sigap ketika pengaduan Anda sudah terkirim.

Petugas PLN bakal langsung menghubungi Anda balik untuk mendapatkan detail informasi terkait gangguan listrik yang sedang terjadi. Kemudian, petugas bakal mengunjungi lokasi terjadinya gangguan listrik untuk segera ditangani.

Hal di atas berdasarkan pengalaman KompasTekno saat mengalami gangguan listrik yang terjadi di Yogyakarta dan Jakarta. Pengalaman di daerah atau wilayah lain bisa saja berbeda.

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet Iconnet PLN, Mulai dari Rp 185.000 Per Bulan

Cara melaporkan gangguan listrik via PLN Mobile ini cukup mudah, berikut penjelasannya:

  • Buka aplikasi PLN Mobile yang ada di ponsel Anda, pastikan bahwa login dengan akun Anda yang telah terdaftar di aplikasi
  • Pada halaman layar awal aplikasi, klik opsi “Pengaduan”
  • Selanjutnya, Anda bakal disajikan dengan pilihan beberapa jenis gangguan, seperti gangguan dengan kondisi listrik sekitar turut padam atau gangguan dengan kondisi listrik sekitar tidak turut padam
  • Klik jenis gangguan yang sesuai dengan kondisi Anda
  • Masukkan IDPEL atau nomor meteran Anda atau bisa juga menandai lokasi gangguan listrik dengan klik opsi “Gunakan Titik Lokasi” lalu mengisi beberapa data pendukung
  • Setelah itu, Anda juga diminta untuk mengunggah foto lokasi di mana terjadinya gangguan listrik
  • Selanjutnya, klik opsi “kirim pengaduan” lalu Anda bakal mendapat nomor pengaduan dengan format “Gxxxx”.

Ilustrasi cara melaporkan gangguan listrik via PLN MobileKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara melaporkan gangguan listrik via PLN Mobile

Apabila data sudah tepat semua, pengaduan akan diteruskan ke petugas PLN terkait untuk segera ditangani. Namun, apabila pengaduan yang Anda kirim masih dibutuhkan keterangan lebih lanjut, Anda bakal menerima panggilan dari petugas PLN.

Anda juga bisa melihat status pengaduan Anda lewat aplikasi PLN Mobile juga di dalam opsi “Pengaduan”. Nantinya, Anda bakal disajikan informasi terkait sejauh mana penanganan petugas PLN telah berjalan.

Baca juga: Cara Daftar Aplikasi PLN Mobile, Bisa Pasang Listrik Baru hingga Beli Token Listrik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.