Seluruh Konsol Xbox One Tak Diproduksi Lagi

Kompas.com - 15/01/2022, 08:04 WIB
Xbox One X GamespotXbox One X

KOMPAS.com - Microsoft resmi menyetop produksi seluruh model dari konsol game Xbox One, konsol yang selama ini menjadi kompetitor PlayStation 4 (PS4) dari Sony. 

Kabar ini diungkap langsung oleh petinggi Xbox. Toko-toko ritel yang masih menjual Xbox One tidak akan mendapatkan pembaruan stok lagi dari Microsoft dan tinggal menghabiskan stoknya.

Apa alasan Microsoft menghentikan seluruh model Xbox One?

Baca juga: Microsoft Setop Produksi Xbox One X dan Xbox One S Versi Digital

"Kami telah menyetop produksi semua model konsol Xbox One pada akhir 2020 untuk fokus pada produksi Xbox Series X/S," jelas Senior Director Xbox Console Product Marketing, Cindy Walker, seperti dilansir TheVerge dan dikutip KompasTekno, Sabtu (15/1/2022).

Sebelumnya, menjelang peluncuran Xbox Series X/S pada November 2020 lalu, Microsoft sebenarnya sudah menyetop produksi untuk Xbox One X dan Xbox One S versi digital.

Namun pada akhir 2020, perusahaan memilih untuk menyetop seluruh model dari Xbox One X/S yang mereka produksi, termasuk Xbox One S versi fisik.

Dengan penyetopan produksi seluruh model Xbox One pada akhir 2020, bisa disimpulkan bahwa sepanjang 2021, perusahaan rintisan Bill Gates tersebut fokus di produksi Xbox Series X/S untuk memenuhi permintaan pasar.

Proses produksi yang difokuskan ini membuat stok Xbox Series S mudah ditemui di pasaran, namun tidak untuk "saudaranya" Xbox Series X yang selalu habis, sama seperti nasib Sony PlayStation 5 (PS5).

Baca juga: Xbox Series X Edisi Khusus Gucci Dijual Rp 140 Juta

Hal ini mungkin karena Xbox Series X memiliki kemampuan lebih mumpuni dibanding Xbox Series S, sehingga pengguna bisa jadi bakal mengincar versi konsol game Xbox yang lebih tangguh.

Kemudian, kelangkaan produk semikonduktor yang masih melanda dunia juga menghambat proses produksi Xbox Series X, begitu juga PS5.

Nah, terkait Xbox One sendiri, konsol game ini merupakan suksesor dari Xbox 360 yang diumumkan Microsoft pada November 2013 lalu.

Selama masa produksinya, penjualan Xbox One secara global berkisar di angka 50 juta unit, dan secara statistik belum bisa melampaui penjualan kompetitornya, PS4 yang melampaui 100 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.