Begini Cara Jual Beli NFT di OpenSea Beserta Syaratnya

Kompas.com - 18/01/2022, 13:16 WIB

KOMPAS.com - Jual beli NFT (Non-Fungible Token) tampaknya kini tengah diminati oleh sebagian kalangan di Indonesia, karena berpotensi menjadi ladang penghasilan baru.

NFT sebagai sertifikat digital turunan sistem blockchain, telah mengalami peningkatan volume transaksi yang pesat sejak 2021.

Berdasarkan data yang dikeluarkan DappRadar, diumumkan bahwa volume penjualan NFT sepanjang tahun 2021 telah mencapai 25 miliar dolar AS (sekitar Rp 357 triliun).

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja NFT?

Sedangkan volume penjualan NFT tahun 2020, hanya tercatat sebesar 95 juta dolar AS (Rp 1,3 triliun). Dengan melihat angka itu saja sudah cukup bisa menggambarkan betapa besar atensi publik untuk menambah penghasilan lewat aset digital ini.

Dari sekian volume penjualan itu, banyak orang yang menjajakan karya NFT di salah satu platform marketplace NFT terbesar saat ini, yakni OpenSea.

Cara menjual atau membeli NFT di OpenSea pun cukup mudah. Namun, ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum bisa transaksi di OpenSea.

Selengkapnya, berikut penjelasan syarat jual beli NFT di OpenSea.

  • Pastikan bahwa Anda telah memiliki dompet digital mata uang kripto yang berfungsi untuk menukarkan uang resmi dengan uang kripto agar bisa transaksi di OpenSea
  • Pastikan Anda telah menyambungkan dompet digital mata uang kripto ke OpenSea untuk membuat akun
  • Bagi Anda yang berecana menjual NFT di OpenSea, pastikan bahwa Anda telah memiliki karya terlebih
  • Kemudian, pastikan saldo di dompet digital mata uang kripto minimal telah terisi sebesar 0,05 Ethereum

Setelah Anda memenuhi syarat di atas, kini Anda sudah bisa mulai transaksi di OpenSea. Cara menjual atau membeli NFT di OpenSea pada umumnya sama seperti ketika Anda ingin transaksi barang di marketplace digital, seperti Tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

Cara menjual NFT di OpenSea

Pada kesempatan ini, KompasTekno menjajal cara menjual NFT di OpenSea Menggunakan aplikasi dompet digital mata uang kripto berjenis MetaMask.

Baca juga: Biaya Tersembunyi di Balik Penjualan NFT

Adapun cara menjual NFT di OpenSea menggunakan MetaMask adalah sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.