Kompas.com - 17/01/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Non-Fungible Token atau yang lebih dikenal sebagai NFT, menarik perhatian masyarakat luas akhir-akhir ini. NFT merupakan turunan sistem blockhain berupa sertifikat digital yang menandakan kepemilikan sebuah karya.

Pemilik karya bisa menjual NFT ke orang lain dengan harga murah hingga selangit. Pembayaran NFT dilakukan dengan mata uang kripto, yang umumnya menggunakan Ethereum.

Beberapa NFT, berhasil dijual dengan harga fantastis. Salah satunya pernah didapat oleh "Peeble", seorang pemilik NFT di OpenSea. OpenSea adalah sebuah marketplace NFT yang cukup terkenal.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja NFT?

Peeble pernah meraup uang sebesar 69,3 juta dollar AS, setara dengan Rp 992 miliar dari penjualan satu NFT-nya. Ada pula Ghozali Everyday, pemuda asal Semarang, Jawa Tengah yang meraup miliaran rupiah setelah menjual foto selfie dirinya di OpenSea.

Selain itu, masih banyak pemilik karya yang menualnya dalam bentuk NFT dengan harga tinggi. Hal inipun menarik banyak orang untuk menjual NFT demi meraup pundi-pundi.

Jika berminat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menghasilkan uang dari menjual NFT. Tidak cuma perangkat berupa PC atau ponsel saja, ada syarat lain yang harus dipenuhi. Berikut syarat menghasilkan uang lewat NFT:

Baca juga: Biaya Tersembunyi di Balik Penjualan NFT

1. Punya dompet digital kripto

Syarat menghasilkan uang lewat NFT yang pertama adalah memiliki dompet digital kripto. Dompet digital mata uang kripto berfungsi untuk menukarkan uang resmi dengan uang kripto agar bisa melakukan transaksi NFT.

Anda bisa membuat dompet digital ini melalui salah satu platform, yakni MetaMask

2. Punya akun di marketplace NFT

Ketika Anda sudah memiliki dompet digital mata uang kripto, Anda dapat mulai untuk transaksi NFT di OpenSea. Sebelum mulai bertransaksi, Anda harus mendaftarkan akun dulu di OpenSea. Berikut cara daftar akun OpenSea:

  • Buka tautan berikut ini https://opensea.io, bisa lewat browser laptop atau ponsel, sesuaikan dengan di mana Anda telah menginstal dompet digital
  • Kali ini, OpenSea dibuka melalui browser Google Chrome di laptop
  • Untuk mulai daftar akun OpenSea, klik ikon dompet atau ikon foto profil, kemudian pilih opsi “Connect Wallet”
  • Pilih dompet digital yang telah Anda gunakan, misalnya MetaMask
  • Kemudian, buka extension MetaMask yang telah Anda install di Google Chrome dengan klik ikon puzzle yang biasa berada di samping kolom pencarian situs. Lalu, klik opsi “Connect Wallet”
  • Kemudian, dompet digital MetaMask Anda bakal terhubung ke OpenSea
  • Selanjutnya, klik opsi “Account” kemudian klik opsi “Profile” untuk melakukan pengaturan profil Anda di OpenSea
  • Masukkan username, alamat e-mail Anda, dan sebagainya kemudian klik opsi “Save”, OpenSea bakal mengirim pesan ke alamat e-mail Anda
  • Buka pesan tersebut untuk memverifikasi permintaan pembuatan akun OpenSea.

Baca juga: Kominfo Awasi Transaksi NFT di Indonesia, Marketplace Jual-Beli Bisa Diblokir

3. Punya karya

Syarat menghasilkan uang lewat NFT terakhir adalah memiliki karya dalam berbagai format, bisa gambar, video, foto, dan sebagainya. Karya itu kemudian dikonversi menjadi NFT di layanan marketplace.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.