Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejuang LDR Bikin Aplikasi untuk Pacar, Popularitasnya Saingi TikTok

Kompas.com - 18/01/2022, 12:09 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma riset pasar AppTopia, menobatkan Locket sebagai aplikasi iPhone gratis terlaris untuk pasar Amerika Serikat (AS). Locket merebut gelar tersebut dari TikTok yang sebelumnya jadi juara bertahan.

Locket mungkin asing bagi pengguna iOS di Indonesia. Locket merupakan aplikasi media sosial berbentuk widget yang bisa menampilkan foto terbaru dari teman-teman kita secara langsung di tampilan utama (homescreen) iPhone.

Jumlah teman maksimal yang bisa kita miliki melalui aplikasi ini adalah lima orang. Uniknya, Locket bukanlah buatan perusahaan atau pengembang raksasa.

Locket dibuat oleh seorang mantan penerima beasiswa Apple, yang merintis platform pengujian software Hawkeye Labs, Matthew Moss.

Baca juga: Ini Daftar Aplikasi dan Game iOS Terbaik 2021

Moss sendiri mengaku bahwa aplikasi Locket sebenarnya merupakan proyek sampingan yang ia rancang untuk berkomunikasi dengan pacarnya.

"Saya membuat aplikasi ini sebagai kado ulang tahun untuk pacar saya sekitar pertengahan tahun lalu. Saat itu, dia akan mulai masuk sekolah menjelang akhir tahun, sehingga kami pastinya akan memulai hubungan jarak jauh (LDR)," jelas Moss, dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (18/1/2022).

Moss mengaku bahwa dirinya memikirkan sebuah aplikasi widget yang bisa menampilkan foto pasangannya di tampilan layar utama iPhone miliknya, selagi ia menjalani hubungan jarak jauh (LDR), hingga akhirnya tercipta Locket.

Dibuat dalam dua minggu

Ilustrasi aplikasi Locker Widget.App Store Ilustrasi aplikasi Locker Widget.
Aplikasi Locket ini dibuat Moss dalam waktu sekitar dua minggu. Ia menggunakannya secara pribadi dengan pasangannya selama sekitar enam bulan.

Pada suatu saat, rekan sejawat Moss dan teman-teman pacarnya, penasaran tentang Locket.

Mereka meminta untuk menghadirkan aplikasi tersebut di App Store, supaya bisa dipakai oleh orang umum.

Akhirnya, Moss memutuskan untuk meluncurkan aplikasi tersebut saat momen tahun baru 2022 di App Store atau sekitar awal Januari lalu.

Baca juga: Hati-hati, Aplikasi Judi Online Ini Menyamar Jadi Game Anak-anak di App Store

Di saat yang sama, ia membuat sebuah video untuk memamerkan fungsi aplikasi Locket di TikTok melalui handle @locketcamera, dan konten tersebut viral dalam sekejap.

Bahkan, video TikTok tersebut kini sudah ditonton lebih dari 650.000 kali dan mendapatkan sekitar 44.500 likes.

Hingga sekarang, aplikasi tersebut diklaim sudah memiliki lebih dari dua juta pengguna yang teregistrasi, sudah diunduh secara global sekitar satu juta kali, dan menjadi aplikasi gratis teratas di toko aplikasi App Store AS versi AppTopia.

Pantauan KompasTekno, Selasa (18/1/2022), aplikasi ini juga menjadi aplikasi nomor satu di App Store untuk kagetori "Social Networking".

Karena banyak diperbincangkan, Moss kini tengah mempertimbangkan untuk mengembangkan Locket lebih lanjut, termasuk mengembangkan Locket versi Android.

Baca juga: Cara Melacak iPhone yang Hilang Menggunakan Aplikasi Find My

Namun, ia saat ini belum bisa membagikan informasi terkait masa depan Locket.

"Saat ini, saya tentunya sedang memikirkan banyak hal (terkait Locket). Kita lihat saja nanti pengembangannya," ungkap Moss.

Nah, apabila Anda merupakan pengguna iPhone dan ingin menjajal aplikasi Locket, Anda bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com