Kompas.com - 18/01/2022, 12:09 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Firma riset pasar AppTopia, menobatkan Locket sebagai aplikasi iPhone gratis terlaris untuk pasar Amerika Serikat (AS). Locket merebut gelar tersebut dari TikTok yang sebelumnya jadi juara bertahan.

Locket mungkin asing bagi pengguna iOS di Indonesia. Locket merupakan aplikasi media sosial berbentuk widget yang bisa menampilkan foto terbaru dari teman-teman kita secara langsung di tampilan utama (homescreen) iPhone.

Jumlah teman maksimal yang bisa kita miliki melalui aplikasi ini adalah lima orang. Uniknya, Locket bukanlah buatan perusahaan atau pengembang raksasa.

Locket dibuat oleh seorang mantan penerima beasiswa Apple, yang merintis platform pengujian software Hawkeye Labs, Matthew Moss.

Baca juga: Ini Daftar Aplikasi dan Game iOS Terbaik 2021

Moss sendiri mengaku bahwa aplikasi Locket sebenarnya merupakan proyek sampingan yang ia rancang untuk berkomunikasi dengan pacarnya.

"Saya membuat aplikasi ini sebagai kado ulang tahun untuk pacar saya sekitar pertengahan tahun lalu. Saat itu, dia akan mulai masuk sekolah menjelang akhir tahun, sehingga kami pastinya akan memulai hubungan jarak jauh (LDR)," jelas Moss, dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (18/1/2022).

Moss mengaku bahwa dirinya memikirkan sebuah aplikasi widget yang bisa menampilkan foto pasangannya di tampilan layar utama iPhone miliknya, selagi ia menjalani hubungan jarak jauh (LDR), hingga akhirnya tercipta Locket.

Dibuat dalam dua minggu

Ilustrasi aplikasi Locker Widget.App Store Ilustrasi aplikasi Locker Widget.
Aplikasi Locket ini dibuat Moss dalam waktu sekitar dua minggu. Ia menggunakannya secara pribadi dengan pasangannya selama sekitar enam bulan.

Pada suatu saat, rekan sejawat Moss dan teman-teman pacarnya, penasaran tentang Locket.

Mereka meminta untuk menghadirkan aplikasi tersebut di App Store, supaya bisa dipakai oleh orang umum.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.