BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Sokong Sektor Kesehatan hingga Industri Penyiaran, Berikut Sederet Kegunaan Teknologi 5G

Kompas.com - 18/01/2022, 15:40 WIB

 

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan berada di ruang operasi rumah sakit (RS) berteknologi canggih? Layaknya dalam film fiksi ilmiah, Anda terlentang di meja operasi dan melihat tangan-tangan robot, alih-alih dokter. Robot bedah itu merawat Anda dengan cermat dan tepat.

Pada zaman modern seperti saat ini, hal itu bukan lagi cerita yang hanya bisa didapatkan dalam film. Pasien penderita kanker kandung kemih asal China berhasil membuktikan keandalan teknologi robot bedah, Micro Hand.

Melansir Xinhua.net, Selasa (6/10/2020), operasi kandung kemih dengan bantuan robot tersebut dilakukan Profesor Niu Haitao dari RS Afiliasi Universitas Qingdao di Provinsi Shandong, China Timur.

Pada operasi tersebut, Profesor Niu mengendalikan lengan konsol master robot Micro Hand secara jarak jauh dari ruang operasi RS Rakyat Distrik di Anshun, Provinsi Guizhou, China Barat Daya.

Hal yang membuat terkesan adalah robot mampu mengulangi gerakan dokter secara akurat, bahkan menghilangkan lesi pada area yang ditargetkan.

Selain itu, penerapan teknologi proyeksi holografik memungkinkan Profesor Niu berinteraksi dengan pasien dan staf medis di tempat operasi hampir tanpa jeda waktu.

Singkat cerita, kegiatan operasi berjalan lancar tanpa ada pendarahan ataupun komplikasi meski pasien dan dokter terpisah oleh jarak sejauh 3.000 kilometer (km).

Selain menghemat waktu karena tak perlu mendatangi dokter yang berada pada tempat berbeda, pasien juga tak harus dibebankan biaya lebih untuk akomodasi dan biaya perjalanan.

Perlu diketahui, Micro Hand merupakan salah satu robot generasi terbaru yang dikembangkan China dengan teknologi 5G. Jadi, keberhasilan operasi tadi merupakan salah satu contoh pemanfaatan jaringan generasi kelima pada industri medis.

Solusi lalu lintas dan efisiensi industri penyiaran

Selain menyokong sektor kesehatan, teknologi 5G juga efektif diterapkan pada banyak bidang. Contoh lainnya adalah mengoptimalkan pengaturan lalu lintas. Teknologi ini dapat diintegrasikan dengan perangkat pendukung lalu lintas, mulai dari kamera pengawas, sensor lampu lalu lintas, hingga drone.

Uji keandalan 5G terhadap lalu lintas dilakukan Carnegie Mellon University, Amerika Serikat (AS), sebagaimana dilansir dari traffictechnologytoday.com, Rabu (14/10/2020).

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa lampu lalu lintas yang disokong teknologi 5G dapat menurunkan angka penghentian kendaraan pada titik-titik nonesensial hingga 40 persen.

Selain itu, dapat pula menurunkan angka emisi hingga 21 persen dan meningkatkan efektivitas waktu bagi pelaju hingga 26 persen. Teknologi yang sama juga dapat diterapkan untuk merencanakan rute-rute transportasi umum.

Demikian pula dengan perangkat drone. Petugas kepolisian dapat memantau situasi lalu lintas terkini memakai drone untuk merekam gambar atau live streaming.

Hal itu memungkinkan petugas keamanan lalu lintas mengetahui kendaraan yang tengah melaju serta mengukur kecepatan kendaraan secara presisi. Dengan begitu, keamanan lalu lintas lebih terjamin.

Pada industri penyiaran, teknologi 5G membuat pekerjaan awak media lebih praktis. Mereka tak perlu lagi membawa peralatan berat atau mobil khusus, tetapi cukup mengandalkan perangkat sederhana yang disokong 5G.

Oppo Reno6 Pro 5G bisa diandalkan untuk bermain mobile game. (DOK. Oppo Indonesia). Oppo Reno6 Pro 5G bisa diandalkan untuk bermain mobile game.

Dengan memanfaatkan cloud broadcasting, perusahaan penyiaran dapat meminimalisasi pengeluaran dan jumlah personel yang turun ke lapangan.

Video yang dihasilkan pun dapat dikirimkan ke stasiun televisi melalui jaringan 5G secara real-time. Dengan demikian, penyiaran dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Teknologi 5G di Indonesia

Jaringan 5G secara resmi diluncurkan di Tanah Air pada Kamis (27/5/2021). Teknologi 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dari generasi sebelumnya, yakni 4G.

Sebagai informasi, jaringan 5G memiliki tiga karakteristik utama. Pertama, ultra high speed rate dengan kecepatan transisi sebanyak 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Memanfaatkan teknologi ini, aktivitas mengunggah ataupun mengunduh data terbilang sangat cepat hingga 1 gigabita (GB) per detik.

Dengan kecepatan tersebut, aktivitas mengunduh film dengan ukuran file 40 GB hanya membutuhkan waktu 30 detik. Demikian pula dalam mengunggah data ke cloud dengan ukuran 20 GB, pengguna hanya perlu waktu 10 detik.

Kedua, ultra high density, yaitu jumlah perangkat yang dapat terkoneksi dalam jaringan 5G pada waktu bersamaan 100 kali lebih banyak dari jumlah perangkat dalam jaringan 4G.

Dengan sinyal yang stabil, hal ini memudahkan pengguna untuk transfer berbagai data tanpa harus menggunakan hard disk.

Ketiga, ultra low latency atau tingkat hambatan (delay) yang sangat rendah. Jaringan 5G memiliki latensi lebih rendah 1 milidetik ketimbang jaringan 4G. Karakteristik ini menjadikan jaringan 5G mampu menyokong kebutuhan berbagai sektor industri.

Online connection yang optimal pada jaringan 5G membuka lebih banyak potensi pada semua bidang kehidupan, seperti kemudahan dalam berkomunikasi dan menambah pengetahuan.

Pada kendaraan, technology smart vehicle 5G pun dapat dikembangkan menjadi auto drive. Dengan begitu, fitur global positioning system (GPS) jadi semakin akurat sehingga pengguna terhindar dari kemacetan.

Meski demikian, segala kemudahan dan manfaat yang dihadirkan teknologi 5G tak dapat dirasakan secara optimal tanpa dukungan perangkat yang kompatibel.

Oleh karena itu, sejumlah produsen pun berlomba untuk menghadirkan perangkat pintar dengan kapasitas mumpuni untuk mengoptimalkan pemanfaatan jaringan 5G. Salah satunya adalah Oppo.

Untuk diketahui, Oppo merupakan vendor smartphone yang menjadi leading 5G technology smartphone sejak 2021.

Konektivitas 5G dihadirkan Oppo pada sejumlah smartphone besutannya, yaitu Oppo Find X3 Pro 5G, Oppo Reno 6 Pro 5G, dan Oppo Reno6 5G.

Kupas tuntas fitur pada ponsel Oppo berteknologi 5G

Sesuai namanya, Oppo Find X3 Pro 5G telah mendukung konektivitas 5G dan membawa sejumlah peningkatan dari pendahulunya. Kehadiran smartphone ini bertepatan dengan penyediaan jaringan 5G dari pemerintah pada Mei 2021.

Salah satu keunggulan Oppo Find X3 Pro 5G terletak pada desainnya yang futuristik bertema luar angkasa, memiliki dual primary cameras, dan 1 miliar display warna.

Keunggulan lain dari smartphone tersebut adalah fitur SuperVOOC 2.0 flash charging. Pengisian daya baterainya yang berkapasitas 4.500 miliampere hour (mAh) menjadi lebih cepat.

Selain itu, performa chipset Qualcomm Snapdragon 888 juga jadi andalan smartphone flagship tersebut.

Agar pengguna Oppo dapat menikmati jaringan 5G, Oppo Find X3 Pro 5G juga mendukung band n1,n3,n5,n7,n8,n20,n28,n38,n40,n41,n77,n78,n79. Dengan dukungan band n40, artinya ponsel smartphone tersebut dapat dioptimalkan untuk menikmati jaringan 5G di Indonesia.Dok. Oppo Indonesia Agar pengguna Oppo dapat menikmati jaringan 5G, Oppo Find X3 Pro 5G juga mendukung band n1,n3,n5,n7,n8,n20,n28,n38,n40,n41,n77,n78,n79. Dengan dukungan band n40, artinya ponsel smartphone tersebut dapat dioptimalkan untuk menikmati jaringan 5G di Indonesia.

Sebagai informasi, Snapdragon 888 merupakan salah satu prosesor tercepat yang telah dibekali konektivitas jaringan 5G. Prosesor ini menjadi tolok ukur bagi perangkat smartphone pada 2021.

Tak hanya itu, Oppo Find X3 Pro 5G juga dibenami teknologi kamera yang dapat meningkatkan kualitas gambar layaknya kamera profesional serta perlengkapan gaming termutakhir.

Dari segi layar, ponsel tersebut mengusung layar OLED seluas 6,7 inci dengan resolusi QHD Plus (3.216 x 1.440 piksel) sehingga dapat menampilkan satu miliar warna.

Layar Find X3 Pro 5G didukung teknologi HDR 10+ berikut refresh rate 120 Hz. Pada bagian kiri atas layar juga dihiasi dengan lubang punch-hole yang menampung kamera beresolusi 32 megapiksel (f/2.4).

Agar pengguna Oppo dapat menikmati jaringan 5G, Oppo Find X3 Pro 5G juga mendukung band n1,n3,n5,n7,n8,n20,n28,n38,n40,n41,n77,n78,n79. Dengan dukungan band n40, artinya ponsel smartphone tersebut dapat dioptimalkan untuk menikmati jaringan 5G di Indonesia.

Selanjutnya, Oppo Reno6 5G Series yang juga dilengkapi performa tinggi untuk mendukung produktivitas tinggi, hiburan yang imersif, serta pengalaman fotografi dan videografi berbasis artificial intelligence (AI) canggih.

Varian tertinggi seri Reno6 teranyar adalah Oppo Reno5 Pro 5G. Ponsel pintar ini dibekali chipset Snapdragon 870 yang dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB. Dengan begitu, Oppo Reno6 Pro 5G mampu beroperasi dengan kecepatan dan efisiensi tinggi.

Dari segi daya, Oppo Reno6 Pro 5G dilengkapi baterai berkapasitas 4.500 mAh yang didukung fitur fast charging 65W SuperVOOC 2.0. Dengan begitu, daya dapat terisi penuh dalam 31 menit dari keadaan kosong.

Untuk menunjang aktivitas fotografi, Oppo Reno6 Pro 5G dibekali kamera depan 32 MP serta empat kamera belakang, yakni kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 16 MP, kamera telephoto 13 MP, dan kamera makro 2 MP.

Oppo Reno6 Series 5GOppo Indonesia Oppo Reno6 Series 5G

Hal menarik lainnya dari smartphone tersebut terletak pada layarnya yang berukuran 6,5 inci yang didesain 3D Curved Display, refresh rate 90 Hertz (Hz), dan touch sampling rate 180 Hz. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan visualisasi terbaik ketika memanfaatkan teknologi AR dan VR.

Berikutnya adalah Oppo Reno6 5G. Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Pada bagian atas layar terdapat sebuah kamera selfie 32 MP yang diletakkan di sebuah lubang punch hole.

Pada bagian punggung, Oppo Reno6 5G juga dilengkapi tiga buah kamera yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Kamera tersebut didukung beragam fitur fotografi, seperti color temperature sensor, artificial intelligence (AI) Highlight Video, dan bokeh flare portrait video.

Dari segi dapur pacu, Oppo Reno6 5G dibekali chipset MediaTek Dimensity 900 (6nm) yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan sebesar 128 GB.

Kapasitas baterainya pun terbilang besar, yakni 4.300 mAh dan telah didukung fitur fast charging 65W SuperVOOC 2.0. Dengan fitur tersebut, Oppo Reno6 5G mampu mengisi daya 100 persen dari posisi kosong hanya dalam 28 menit.

Ponsel pintar Oppo Reno6 Pro 5G dibekali chipset Snapdragon 870 yang dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB. Dengan begitu, Oppo Reno6 Pro 5G mampu beroperasi dengan kecepatan dan efisiensi tinggi. Dok. Oppo Indonesia Ponsel pintar Oppo Reno6 Pro 5G dibekali chipset Snapdragon 870 yang dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB. Dengan begitu, Oppo Reno6 Pro 5G mampu beroperasi dengan kecepatan dan efisiensi tinggi.

Nah, bagi pencinta gaming, Oppo Reno6 5G Series juga disematkan fitur Game Focus Mode, Quick Startup, dan Hyperboost. Dengan begitu, pengguna dapat menikmati aktivitas gaming dengan mulus tanpa ngelag.

Sebagai informasi, Oppo Find X3 Pro 5G dibanderol dengan Rp 15.999.000. Sementara itu, Oppo Reno6 Pro 5G dapat dibeli seharga Rp 10.999.000 dan Oppo Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 7.499.000.

Ketiga smartphone tersebut kini tersedia di Oppo Gallery, Oppo Store, toko retail Oppo, dan e-commerce.

Informasi lengkap seputar Oppo Find X3 Pro 5G dan Oppo Reno6 Series 5G dapat dilihat melalui laman resmi Oppo dan media sosial Oppo Indonesia.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.