Daftar Belanja Microsoft demi Xbox, Mojang Minecraft hingga Activision Blizzard

Kompas.com - 19/01/2022, 16:31 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi Activision Blizzard. Activision Blizzard merupakan pengembang sejumlah game populer, termasuk Call of Duty, World of Warcraft, Diablo hingga Candy Crush.

Tak tanggung-tanggung, Microsoft membeli raksasa pengembang game tersebut senilai 68,7 miliar dolar AS (Rp 987 triliun) secara tunai, sehingga menjadi salah satu pembelian terbesar untuk game. Proses akuisisi ini akan selesai pada Juli 2023.

Langkah akuisisi bukan lagi hal baru bagi Microsoft, khususnya untuk bisnis game. Ada sejumlah studio hingga game tercatat telah diakuisisi oleh Microsoft, untuk memperkaya katalog game milik perusahaan.

Microsoft sendiri memiliki lini bisnis konsol game Xbox. Xbox diluncurkan Microsoft pada 2001 dan menjadi pesaing utama Sony PlayStation. Dengan mengakuisisi studio game, katalog game untuk Xbox akan menjadi lebih kaya.

Baca juga: Microsoft Akuisisi Activision Blizzard Senilai Rp 986 Triliun

Selain Actvision Blizzard, berikut ini adalah sejumlah studio game yang diakuisisi Microsoft, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PCGamer, Rabu (19/1/2022).

ZeniMax Media

ZeniMax Media adalah perusahaan induk Bethesda Softworks. Akuisisi ini dilakukan Microsoft pada September 2020 dengan mahar 7,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 107,7 triliun.

Dengan akuisisi ini, Microsoft berhak atas kepemilikan sejumlah game populer seperti The Elder Scrolls, Fallout, Doom, Quake, hingga Dishonored serta waralaba game lainnya.

Selain game, ZeniMax Media juga memiliki beberapa studio yang kini berada di bawah naungan Microsoft.

Studio game tersebut antara lain Bethesda Game Studios, ZeniMax Online Studios, id Software, Arkane Studios, Machine Games, Tango Gameworks, Alpha Dog Games, dan Roundhouse Studios.

Activision Blizzard

Activision Blizzard adalah penerbit game raksaksa dengan sejumlah judul game populer seperti Call of Duty, World of Warcraft, Diablo, Hearthstone, Overwatch, StarCraft, hingga Candy Crush.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Team Essentials, Produk Langganan Teams untuk UMKM

Halaman:
Sumber PCGamer


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.