Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Luncurkan Team Essentials, Produk Langganan Teams untuk UMKM

Kompas.com - 03/12/2021, 18:37 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Microsoft

KOMPAS.com - Microsoft menghadirkan layanan atau paket berlangganan baru untuk platform video telekonferensi Teams. Produk tersebut bernama "Teams Essentials" dan dibuat khusus untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Corporate Vice President of Modern Work Microsoft, Jared Spataro, mengatakan bahwa Teams Essentials dirancang khusus agar para pelaku UMKM bisa produktif di lingkungan kerja hybrid.

"Kami paham betapa sulitnya 20 bulan terakhir bagi bisnis kecil, di mana mereka harus beradaptasi (dengan teknologi), dan seringkali memiliki akses terbatas ke perangkat dan teknologi,” kata Jared dalam sebuah pengumuman resmi, dikutip KompasTekno dari Microsoft.com, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Bos Microsoft Jual Separuh Saham Perusahaan, Ada Apa?

"Teams Essentials dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan unik UMKM, memungkinkan mereka berkembang di era kerja yang baru ini (yang serba online),” imbuh Jared.

Teams Essentials dibanderol dengan harga berlangganan 4 dollar AS (sekitar Rp 62.000) per bulan untuk setiap pengguna.

Dengan banderol tersebut, para UMKM nantinya bisa menggunakan platform Teams untuk mengembangkan bisnisnya, seperti menyelenggarakan pertemuan dengan klien, atau berkolaborasi dengan mitra bisnis.

Sejumlah benefit yang bakal didapatkan pelaku bisnis UMKM sendiri, ketika berlangganan Teams Essentials, adalah sebagai berikut:

  • Pertemuan grup tanpa batas hingga 30 jam
  • Pertemuan hingga 300 orang
  • Penyimpanan cloud dengan kapasitas 10 GB per pengguna

Selain itu, pelanggan Teams Essentials juga bisa menggunakan beragam fitur yang ada di platform Teams untuk memperlancar kegiatan UMKM-nya.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word secara Otomatis

Beberapa di antaranya seperti fitur integrasi dengan Outlook Calendar, fitur penggantian latar belakang video virtual, live closed captions, group chat template khusus UMKM, integrasi dengan Google Calendar yang bakal segera hadir, dan masih banyak lagi.

Pelanggan dapat berlangganan Teams Essentials secara langsung melalui situs web Teams melalui tautan berikut.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai fitur-fitur Teams Essentials, begitu juga cara untuk berlangganannya, pelaku bisnis UMKM bisa mengunjungi situs web Teams melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Microsoft
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com