Harga Bitcoin Anjlok Lagi, Sentuh Titik Terendah Dalam 6 Bulan Terakhir

Kompas.com - 24/01/2022, 20:59 WIB

KOMPAS.com - Pasar mata uang kripto (cryptocurrency) kembali mengalami "kebakaran" pada Senin (24/1/2022). Berdasarkan data di situs CoinDesk, nilai Bitcoin kembali mengalami penurunan hingga 6 persen dalam 24 jam terakhir, menjadi 33.184 dolar AS atau sekitar Rp 475,8 juta per keping.

Dalam sepekan terakhir, harga Bitcoin tercatat turun 21,74 persen dan merosot hingga 27 persen selama bulan ini. Nilai yang dimiliki Bitcoin saat ini tercatat mencapai titik terendah sejak 24 Juli 2021 lalu.

Dibandingkan awal Januari lalu, harga Bitcoin telah mengalami penurunan hingga 10.000 dolar AS (sekitar Rp 143,4 juta).

Baca juga: Harga Bitcoin Anjlok, Pasar Kripto Dunia Rugi Hingga Rp 14.329 Triliun

Sementara itu, Ethereum terjerembap hampir 10 persen ke kisaran 2.270 dolar AS (sekitar Rp 32 juta). Angka tersebut merupakan poin harga terendah untuk Ethereum sejak 28 Juli 2021. Sejauh ini, nilai Ethereum anjlok sekitar 38 persen sepanjang Januari 2022.

Tidak hanya terjadi pada Bitcoin dan Ethereum saja, sejumlah mata uang kripto lainnya bernasib serupa dalam periode waktu yang sama.

Harga mata uang kripto populer seperti Solana, Cardano, Polkadot terjun hingga menjadi di kisaran 17,8 persen (SOL), 12 persen (ADA), dan 11,6 persen (DOT).

Melihat tren penurunan yang terjadi pada pasar cryptocurrency, sejumlah analis mulai mencoba melakukan analisa lebih yang mendalam.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CoinDesk, Senin (24/1/2022), setidaknya ada tiga faktor yang diduga dapat melemahkan harga mata uang kripto.

Baca juga: Harga Bitcoin, Ethereum, dkk Anjlok Lagi

Faktor pertama yang menyebabkan nilai cryptocurrency "berdarah" rupanya berasal dari sentimen negatif yang kerap muncul di benak investor dan para trader.

"Sentimen ini didorong oleh serangkaian berita suram yang menyelimuti segala bentuk data aset objektif," ungkap Jason Deane selaku analis di Quantum Economics.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CoinDesk
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.