Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun 2021, Pendapatan Samsung Meningkat berkat Ponsel Lipat

Kompas.com - 28/01/2022, 19:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi merilis laporan finansial terbarunya untuk kuartal-IV 2021. Dalam periode Oktober-Desember 2021 tersebut, Samsung mencatat peningkatan pendapatan (revenue) 24 persen dibanding periode yang sama tahun 2020.

Menurut Samsung, peningkatan ini dipicu oleh bisnis berbagai produk yang ditujukan bagi end-user, salah satunya seperti bisnis smartphone atau Mobile eXperience (MX).

Dari total pendapatan 76,57 triliun won Korea atau sekitar Rp 911 triliun di kuartal-IV 2021, bisnis MX sendiri mencatat pendapatan 27,70 triliun won Korea atau sekitar Rp 329 triliun.

Produk ponsel lipat seperti Galaxy Z Fold3 dan Flip3 disebut menjadi salah satu penyumbang terbesar bisnis mobile.

"Pendapatan bisnis Mobile eXperience (MX) sedikit meningkat, dan dikontribusi oleh penjualan produk premium seperti ponsel lipat, dan produk ekosistem Samsung lainnya," tulis Samsung dalam sebuah pengumuman, dikutip KompasTekno dari SamsungNewsroom, Jumat (28/1/2022).

Baca juga: Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 Dilaporkan Laris Manis serta Diminati Anak Muda

Selain pendapatan di kuartal-IV 2021, Samsung juga merilis laporan keuangan mereka untuk tahun fiskal 2021.
 
Secara total, pendapatan Samsung sepanjang 2021 mencapai 279,6 triliun won Korea atau sekitar Rp 3.323 triliun. Angka ini meningkat 18 persen dibanding pendapatan di tahun 2020 lalu yang tercatat mencapai 236,8 triliun won Korea atau sekitar Rp 2.815 triliun.

Keuntungan operasional ikut meningkat

Galaxy Z Flip3 ketika dibentangkan dan dilipat.Samsung Galaxy Z Flip3 ketika dibentangkan dan dilipat.

Di samping pendapatan, Samsung juga turut mencatat keuntungan operasional mereka di kuartal-IV 2021.

Pada periode akhir tahun tersebut, keuntungan Samsung mencapai 13,87 triliun won Korea (sekitar Rp 164 triliun), meningkat dari pendapatan 9,05 triliun Won Korea (sekitar Rp 107 triliun) di periode yang sama tahun 2020 lalu.

Meski demikian, angka ini lebih sedikit dibandingkan keuntungan operasional yang didapat Samsung pada kuartal-III 2021 yang mencapai 15,82 triliun won Korea (sektar Rp 187 triliun).

"Keuntungan operasional di kuartal-IV menurun apabila dibandingkan kuartal sebelumnya. Hal ini disebabkan biaya yang harus dibayarkan untuk bonus khusus kepada para karyawan," kata Samsung. 

Baca juga: 6 Keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 3 Dibanding Pendahulunya

Secara keseluruhan di sepanjang 2021, keuntungan operasional yang didapatkan Samsung sendiri tercatat di angka 51,63 triliun won Korea (sekitar Rp 613 triliun).

Angka ini meningkat dari keuntungan yang didapatkan pada tahun fiskal 2020 yang "hanya" mencapai 35,99 triliun won Korea (sekitar Rp 427 triliun).

Informasi selengkapnya mengenai laporan keuangan Samsung ini bisa disimak dalam dokumen di tautan berikut ini.

Ponsel lipat Galaxy Z series yang laris manis

Sejak dirilis pertengahan tahun lalu, duo ponsel lipat Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 disambut positif oleh pasar.

Dilansir dari Sammobile, firma analis Display Supply Chain Consultants (DSCC) menyebut pada bulan Desember 2021, Samsung telah memproduksi sekitar 1,4 juta ponsel lipat.

DSCC menyebut Galaxy Z Flip 3, menjadi ponsel lipat paling sukses dengan volume produksi yang tembus hampir 1 juta unit. Kesuksesan Galaxy Z series membuat Samsung dilaporkan ingin meningkatkan produksi ponsel lipat tahun ini menjadi 13 juta unit, sebagaimana dihimpun dari WCCF Tech.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com