Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Realme disinyalir akan meluncurkan jajaran smartphone C series terbaru ke pasar Indonesia. Salah satu tandanya muncul di laman sertifikasi uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di laman P3DN Kemenperin.

Pada laman tersebut, terdapat sertifikat bernomor 52/SJ-IND.8/TKDN/1/2022 yang diajukan oleh PT. Bright Mobile Telecommunication pada 12 Januari 2022 lalu.

Di kolom merk dan tipe, tertulis ponsel Realme denngan nomor model "realme RMX3501". Perangkat tersebut terpantau sudah mengantongi nilai TKDN sebesar 31,15 persen.

TKDN Kemenperin TKDN Kemenperin

Baca juga: Beredar, Bocoran Harga dan Spesifikasi Lengkap Realme 9 Pro

Tidak hanya tercantum di situs TKDN P3DN Kemenperin, nomor model yang sama juga dikabarkan sempat muncul di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Dalam tangkapan gambar yang diwartakan di Gizchina, perangkat dengan kode RMX3501 sempat terdaftar di postel SDPPI kemenkominfo dengan nomor sertifikat 80050/SDPPI/2022.

Namun saat KompasTekno mengecek ke laman postel SDPPI kemenkominfo, Jumat (28/1/2022), nomor sertifikat perangkat RMX3501 itu tidak terlihat.

Ponsel dengan nomor model RMX3501 muncul di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo. Perangkat ini diyakini sebagai ponsel Realme C31.Gizmochina Ponsel dengan nomor model RMX3501 muncul di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo. Perangkat ini diyakini sebagai ponsel Realme C31.

 

Menurut Gizchina, nomor model tersebut kemungkinan adalah Realme C31. Sebab, nomor model yang sama juga lebih dulu muncul di laman sertifikasi lainnya. Salah satunya adalah laman sertifikasi Komisi Perdagangan Federal (Federal Communications Commission/FCC).

Realme C31 juga muncul di laman Komisi penyiaran dan telekomunikasi (National Broadcasting and Telecommunications Commission/NBTC) dan laman sertifikasi Jerman, TUV.

Sayangnya, sertifikat tersebut tidak memuat informasi mengenai spesifikasi yang akan dibawa oleh Realme C31.

Baca juga: Realme 9i Meluncur dengan Snapdragon 680, Ini Spesifikasinya

Bocoran spesifikasi Realme C31

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.