Kompas.com - 05/02/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Ada angin segar bagi pengguna iPhone di Indonesia yang ingin menikmati layanan 5G. Pasalnya, Apple dikabarkan telah mengggelontorkan pembaruan software yang memungkinkan pengguna iPhone model tertentu mengakses jaringan internet 5G di Indonesia.

Sebelumnya, pengguna iPhone 12 ke atas yang telah didukung konektivitas 5G, belum bisa mengakses jaringan 5G di Indonesia. Sebab, belum ada operator Indonesia yang membuka akses 5G untuk perangkat iPhone.

Dilansir KompasTekno dari MakeMac, Sabtu (5/2/2022), ada beberapa pengguna iPhone 12 yang menggunakan layanan Telkomsel, mengaku telah mendapat "Update Carries Seetings".

Pembaruan itu bisa diunduh pengguna iPhone 12 ke atas untuk menampilkan pengaturan 5G.

Baca juga: Alasan iPhone 12 dan iPhone 13 Belum Bisa Akses 5G di Indonesia

Kehadiran Update Carrier Settings tersebut memungkinkan operator seluler untuk memperbarui jaringan operator dan pengaturan terkait untuk meningkatkan konektivitas serta kinerja pada jaringan seluler.

Dengan kata lain, update ini dapat membuka akses iPhone ke jaringan internet 5G yang sebelumnya masih "dikunci".

Adapun model iPhone yang mendukung layanan 5G di antaranya iPhone 12 series (iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max) serta lini iPhone 13 (iPhone mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max).

Pembaruan ini seakan menjadi jawaban Apple setelah "didesak" untuk membuka akses layanan 5G di Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate telah mengingatkan pihak Apple untuk membuka "kunci" software lock di iPhone 12 dan iPhone 13 series sehingga bisa mengakses 5G di Tanah Air.

"Kominfo sudah mengingatkan pihak Apple agar segera melakukan antisipasi agar perangkat iPhone dapat segera memberikan layanan 5G di pita 2,3 GHz," kata Johnny.

Baca juga: Kominfo Minta Apple untuk Buka Kunci 5G iPhone 12 dan iPhone 13 di Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.