5G Telkomsel Kini Tersedia di Kawasan Industri Jababeka

Kompas.com - 11/02/2022, 18:13 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Telkomsel memperluas penyebaran jaringan 5G di wilayah baru, khususnya untuk penerapan di kawasan industri. Perluasan jaringan 5G kali ini menjangkau kawasan Jababeka di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Perluasan 5G Telkomsel di kawasan industri Jababeka kali ini melibatkan PT Telkom dan PT Jababeka Infrastruktur.

Dalam kolaborasi ini, Telkom dan Telkomsel akan membangun jaringan 5G di kawasan  Jababeka sebagai langkah awal untuk uji coba use case atau penerapan 5G di wilayah tersebut.

Kesepakatan kolaborasi ketiga perusahaan ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di Jababeka Golf & Country Club, Cikarang, Kamis (10/2/2022).

Dengan menghadirkan jaringan 5G di Kawasan Jababeka, Telkomsel berupaya membuka peluang lebih luas kepada pelanggan korporasi untuk dapat memanfaatkan solusi digital berbasis IoT yang didukung jaringan 5G.

Jaringan tersebut, menurut Telkomsel, dapat mendukung otomasi untuk meningkatkan kualitas produk, keamanan hingga mendorong produktivitas.

5G Telkomsel sendiri sudah hadir sejak Mei 2021 dan debut di Jakarta dan Tangerang. Setelah itu, penyebaran jaringan 5G terus dilakukan. Tercatat sejumlah wilayah sudah merasakan 5G Telkomsel, mulai dari Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, Denpasar, Medan, Balikpapan, hingga Papua.

Uji coba use case 5G di Jababeka

Jababeka merupakan kawasan industri dengan lebih dari 2.000 perusahaan nasional maupun multinasional dari 30 negara.

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, uji coba use case 5G yang akan dikembangkan di kawasan ini meliputi solusi Fixed Wireless Access/Fixed Wireless Office untuk kebutuhan personal maupun enterprise dan Smart Surveillance dengan teknologi Camera Vision.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.