Samsung Setop S Voice, Layanan Asisten Pesaing Apple Siri

Kompas.com - 15/04/2020, 14:58 WIB
Smartwatch Samsung Gear S3 bisa dipasangkan dengan Galaxy S8 dan S8+ Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comSmartwatch Samsung Gear S3 bisa dipasangkan dengan Galaxy S8 dan S8+

KOMPAS.com -Masih ingat dengan S Voice? Asisten digital berbasis pengenalan suara ini pertama kali dirilis pada 2012 untuk menyaingi Siri dari Apple. Namun, kemampuannya terbatas karena tidak mampu menjawab pertanyaan seperti Siri dan Google Assistant.

S Voice kemudian digeser oleh Samsung sendiri, yang menggantikannya dengan asisten digital lebih canggih, Bixby, mulai Galaxy S8 pada 2017. Kini, perusahaan Korea Selatan itu mengumumkan bahwa layanan S Voice akan dihentikan mulai 1 Juni 2020 mendatang.

Baca juga: Samsung Buka Toko Aplikasi untuk Asisten Digital Bixby

Dalam situsnya, Samsung menerangkan bahwa ada sejumlah ponsel dan tablet yang akan terdampak oleh penghentian layanan ini, yakni model-model yang memiliki ikon S Voice di layar aplikasi.

Selengkapnya sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (15/4/2020).

- Galaxy A3, A5, A7, A8, A9
- Galaxy Note FE
- Galaxy Note 2, Galaxy Note 3, Galaxy Note 4, Galaxy Note 5
- Galaxy S3, Galaxy S4, Galaxy S5, Galaxy S6, Galaxy S6 edge, Galaxy 7, Galaxy S7 edge
- Galaxy W
- Galaxy Tab 4
- Galaxy Tab 4 8.0/10.1
- Galaxy Tab S8.4 dan S10.5

"Anda mungkin akan menemui error apabila coba menjalankan S Voice (saat layanannya sudah dihentikan," tulis Samsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain ponsel dan tablet, beberapa model wearable device Samsung yang memiliki S Voice juga ikut terdampak, antara lain Gear S, Gear S2, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active, Gear S3, Gear Sport.

Baca juga: Begini Cara Mematikan Tombol Bixby di Ponsel Samsung

Galaxy Watch dan Galaxy Active sudah menggantikan S Voice dengan Bixby di update firmware terbaru. Samsung mengatakan Gear S3 dan Gear Sport juga akan mendapatkan Bixby setelah layanan S Voice dihentikan nanti.

Belum ada keterangan apakah model-model smartphone  dan tablet di atas juga akan memperoleh Bixby atau tidak. Kalaupun tidak, pemiliknya masih bisa menggunakan Google Assistant sebagai alternatif Bixby.

 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.