Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pengguna mungkin tidak menyadari bahwa sedang menumpuk aplikasi dengan logo berwarna biru. Warna logo tersebut barangkali yang paling mudah dikenali dan diingat adalah dari aplikasi Facebook dan Twitter.

Kedua aplikasi tersebut sama-sama memiliki logo aplikasi dengan latar berwarna biru. Tidak hanya dua aplikasi tersebut, ada banyak aplikasi ponsel lainnya yang sebenarnya juga punya logo berwarna biru, seperti Linkedin, Shazam, Skype, Mobile Legends, dan sebagainya.

Warna logo tersebut ternyata memang digunakan pada banyak aplikasi, sebagaimana dijelaskan Stuart Hall, pengembang perangkat lunak buat review dan rating aplikasi, dalam bukunya yang berjudul Secrets of the App Store.

Baca juga: 5 Aplikasi Pelacak Nomor Telepon Tak Dikenal

Hall melakukan penelitian pada 200 aplikasi gratis yang ada di toko aplikasi milik Apple App Store dan menempatkannya pada diagram warna, yang terdiri dari warna biru, merah, kuning, hijau, dan ungu.

Dari diagram tersebut, tampak mayoritas aplikasi menggunakan logo berwarna biru, termasuk diantaranya adalah Facebook, Twitter, Skype, Wordpress, Linkedin, Microsoft Outlook, OneDrive, dan sebagainya.

Diagram persebaran warna logo aplikasidok. Stuart Hall Diagram persebaran warna logo aplikasi

Kemudian, warna logo yang paling banyak digunakan juga adalah merah, antara lain seperti pada aplikasi YouTube, Pinterest, serta browser Opera. Selanjutnya, ada logo warna hijau yang digunakan pada aplikasi, misalnya WhatsApp, Tokopedia, serta Spotify.

Sedangkan logo warna kuning dalam diagram tersebut, yang terlihat mencolok digunakan pada aplikasi Snapchat. Sementara itu, Hall juga memerinci lebih lanjut dengan membuat klaster khusus pada aplikasi sosial media.

Hall menemukan bahwa dalam klaster aplikasi sosial media ternyata juga didominasi dengan logo berwarna biru, meskipun kadang logo warna hijau lebih representatif melambangkan aplikasi sosial media.

Baca juga: 5 Aplikasi Jual Pulsa Online untuk Tambah Penghasilan

Dalam buku tersebut, Hall tidak menyebutkan berapa banyak aplikasi yang menggunakan logo warna biru. Tapi dari sebaran di diagram itu, logo aplikasi berwarna biru tampak lebih banyak ditemukan daripada warna yang lainnya.

Data yang disajikan Hall itu dikeluarkan pada tahun 2015, yang mungkin kini bisa saja terjadi perubahan warna logo pada aplikasi tertentu dan mempengaruhi kondisi persebarannya. Selain itu, Hall juga hanya melakukan penelitiannya pada aplikasi yang ada di App Store.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.