Kompas.com - 16/02/2022, 10:47 WIB

KOMPAS.com - Oppo mengumumkan kerja samanya dengan produsen kamera premium asal Swedia, Hasselblad. Kerja sama ini akan berlangsung selama tiga tahun ke depan.

Kerja sama ini juga menyusul kemitraan Hasselblad dengan OnePlus yang diumumkan tahun lalu. OnePlus sendiri kini berada di bawah perusahaan yang sama dengan Oppo, sehingga kerja sama Oppo dengan Hasselblad tidak begitu mengejutkan.

Oppo dan OnePlus juga sudah menggabungkan tim R&D-nya, sehingga flagship kedua perusahaan di 2022 kemungkinan memiliki kemiripan, termasuk menggunakan dukungan teknologi kamera dari Hasselblad.

"Menyusul kesuksesan kolaborasi OnePlus dengan Hasselblad tahun lalu, kami senang menyambut kemitraan tahap pengembangan baru, agar memungkinkan pengguna di seluruh dunia menikmati pengalaman pencitraan mobile Hasselblad yang legendaris," kata Pete Lau, Chief Product Officer Oppo dalam pernyataan resmi.

Baca juga: Harga Oppo Reno6 4G, Reno6 5G, dan Reno6 Pro 5G Terbaru Februari 2022

Kemitraan dengan Hasselblad diharapkan dapat menetapkan benchmark baru untuk tone warna kamera smartphone. Lau juga berharap kerja sama kedua perusahaan dapat memberikan warna yang konsisten di semua lini ponsel Oppo.

Oppo juga mengonfirmasi seri Find X5 akan menjadi ponsel pertama Oppo yang dilengkapi kamera Hasselblad. Ponsel ini merupakan kategori flagship Oppo yang akan diluncurkan di akhir kuartal ini atau sekitar Maret 2022.

Bocoran spesifikasi Oppo Find X5

Kabar yang beredar menyebutkan Oppo Find X5 akan terdiri dari Find X5 reguler dan Find X5 Pro. Model Pro akan menjadi ponsel yang didukung kemitraan dengan Hasselblad.

Kamera Oppo Find X5 Pro disebut bakal menggunakan sensor Sony IMX766 50 MP dan kamera ultra wide 50 MP dan telefoto 13 MP yang menawarkan zoom hybrid 5x.

Dihimpun KompasTekno dari Android Central, Rabu (16/2/2022), Oppo Find X5 Pro juga kabarnya akan diotakki chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Oppo A16 RAM 3 GB Terbaru Februari 2022

Bocoran spesifikasi lainnya mencakup baterai 5.000 mAh disertai dukungan pengisian cepat 80 W, sertifikasi tahan air IP68, hingga layar LTPO AMOLED 6,7 inci yang didukung refresh rate 120 Hz.

Oppo Find X5 Pro memiliki nomor model CPH2305. Nomor model tersebut sudah muncul di laman Geekbench, sehingga menampilkan beberapa spesifikasi ponsel.

Menurut hasil pengujian Geekbench, ponsel ini memiliki RAM 12 GB dan berjalan dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Sistem operasinya menggunakan Android 12 yang kemungkinan dikombinasikan dengan antarmuka ColorOS 12.

Namun informasi ini sifatnya baru bocoran yang belum dapat dipastikan akurasinya. Spesifikasi lengkap Oppo Find X5 series akan diketahui dalam peluncuran resmi yang ditaksir sekitar Maret 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.