Kominfo Pastikan 5G Telkomsel dan XL Axiata Hadir di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 15/02/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Indonesia menjadi tuan rumah ajang balapan motor dunia, MotoGP, pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Event ini akan digelar di sirkuit Mandalika, Lombok, NTB 

Untuk menunjang komunikasi dalam gelaran tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan jaringan generasi kelima alias 5G akan hadir di sana.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, operator seluler Telkomsel dan XL Axiata akan menggelar 5G experience di sejumlah titik.

Dengan 5G experience, pengunjung ajang MotoGP akan bisa merasakan pengalaman menggunakan jaringan 5G kedua operator seluler tersebut. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pameran (showcase) penggunaan jaringan 5G.

Menurut Johnny, ada dua pita frekuensi radio yang digunakan untuk menghadirkan 5G experience ini, yaitu pita frekuensi 2,1 GHz dan 3,5 GHz.

Baca juga: Kominfo Siapkan Internet Kencang di Sirkuit MotoGP Mandalika

"Dalam menyediakan 5G experience, Telkomsel menggunakan pita frekuensi existing 2,1 GHz untuk layanan di sejumlah titik, baik di area sirkuit maupun hotel sekitarnya," kata Johnny dalam konferensi pers daring yang disiarkan melalui YouTube KemkominfoTV, Selasa (15/2/2022).

Sementara pita 3,5 GHz akan digunakan bersamaan oleh Telkomsel dan XL Axiata untuk memperkuat 5G experience, khususnya bagi pengunjung yang berada di dalam sirkuit Mandalika.

Untuk menikmati jaringan 5G ini, Johnny mengimbau agar pengunjung memastikan ponselnya sudah mendukung pita frekuensi 2,1 GHz (band n1) dan frekuensi 3,5 GHz (band n77 dan n78).

"Pastikan juga kartu SIM yang digunakan telah upgrade menjadi uSIM," kata Menkominfo.

Ilustrasi jaringan 2G, 3G, 4G, hingga 5G.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi jaringan 2G, 3G, 4G, hingga 5G.
5G showcase

Selain menjajal sinyal 5G, pengunjung MotoGP Mandalika juga bisa menikmati 5G showcase, atau pameran penerapan 5G dalam beberapa skenario. 5G showcase ini akan memanfaatkan pita frekuensi radio 3,5 GHz dan 26 GHz.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.