Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 15 Tahun, Facebook Ganti Nama "News Feed"

Kompas.com - 16/02/2022, 07:42 WIB

KOMPAS.com - Meta melakukan rebranding pada News Feed Facebook, yang merupakan tampilan utama aplikasi. Alih-alih News Feed, kini tampilan tersebut berganti nama menjadi "Feed" saja.

Keputusan ini menandai pertama kalinya perusahaan melakukan perubahan untuk News Feed, setelah diperkenalkan lebih dari 15 tahun lalu.

Rebranding News Feed diumumkan melalui akun resmi Twitter perusahaan, dengan menyertakan GIF yang menggambarkan peralihan News Feed menjadi Feed.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Pengguna Aktif Harian Facebook Turun

"Mulai hari ini, News Feed Facebook akan dikenal sebagai 'Feed.' Selamat berselancar!," demikian cuitan perusahaan melalui akun resminya.

Meski hanya berganti nama, perubahan ini terbilang signifikan karena menurut The Verge, Facebook menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia, dan Feed menjadi antarmuka utama yang disajikan ke pengguna.

Baca juga: Facebook Marketplace Error? Atasi dengan Cara Ini

Juru bicara Facebook, Dami Oyefeso mengatakan, rebranding News Feed ditujukan agar lebih mencerminkan keberagaman konten yang dilihat pengguna.

Kendati namanya berganti, Facebook menegaskan perubahan ini tidak akan memengaruhi pengalaman pengguna saat menjelajah postingan di aplikasi.

Sederhananya, Facebook ingin memisahkan konten berita (News) terutama konten berbau politik dengan konten lainnya, agar pengguna merasa lebih nyaman. Sebab, selama ini konten berita atau sekadar postingan sederhana dari pengguna, tergabung dalam satu tampilan.

Keputusan ini juga tampaknya menjadi upaya Facebook untuk meminimalisasi reputasi perusahaan yang dicap sebagai pusat hoaks, sehingga memisahkan postingan biasa dengan berita.

Facebook News di Perancis

Dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (16/2/2022), Facebook belum lama ini meluncurkan Facebook News di Perancis. Fitur ini ditujukan untuk menampilkan berita dari berbagai sumber yang dinilai andal dan relevan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.