Bukan Facebookers, Karyawan Facebook Kini Punya Julukan Baru

Kompas.com - 17/02/2022, 09:08 WIB

KOMPAS.com - Facebook telah berganti nama menjadi Meta sejak akhir 2021. Menurut CEO Meta, Mark Zuckerberg, perubahan nama ini dilakukan untuk tujuan besar yang tengah dibangun perusahaan, yaitu Metaverse.

Seiring dengan perubahan nama perusahaan menjadi Meta, Zuckerberg juga mengubah julukan karyawan perusahaannya menjadi "Metamates". Sebelumnya, karyawan di Facebook disebut sebagai "Facebookers".

Perubahan julukan itu diumumkan Zuckerberg kepada karyawan dalam rapat umum perusahaan yang berlangsung Selasa (15/2/2022).

"Meta, Metamates, Me adalah tentang menjadi pelayanan yang baik bagi perusahaan dan misi kita," kata Zuckerberg dalam rapat itu.

Baca juga: Saham Meta Anjlok, Zuckerberg Tak Lagi di Daftar 10 Orang Kaya Dunia

Zuckerberg juga menjelaskan bahwa pergantian nama Facebookers menjadi Metamates itu mencerminkan nilai baru yang diadopsi Meta.

Setelah mengumumkannya secara internal, Zuck pun mengumumkan pergantian nama itu melalui akun Facebook pribadinya.

"Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperbarui nilai-nilai dan sistem operasi budaya kita," kata Zuckerberg melalui halaman Facebooknya.

"Ini tentang rasa tanggung jawab yang kita miliki untuk kesuksesan kita bersama dan satu sama lain sebagai tim dan tentang menjaga perusahaan serta menjaga satu sama lain," imbuhnya.

Sebelum menentukan julukan Metamates, Meta berkonsultasi dengan Douglas Hofstadter, profesor ilmu kognitif di Indiana University, yang juga merupakan penulis buku Gödel, Escher, Bach: An Eternal Golden Braid yang meraih penghargaan Pulitzer Prize.

Dalam emailnya, Hofstadter mengatakan bahwa awalnya dia menyarankan "teammate" untuk julukan karyawan Meta, karena kata tersebut masih mengandung anagram Meta. Namun dia juga mencantumkan Metamate sebagai alternatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.