Akun Belajar.id Belum Aktif? Lakukan Cara Ini untuk Aktivasi

Kompas.com - Diperbarui 12/03/2022, 11:06 WIB

KOMPAS.com - Akun Belajar.id merupakan akun yang dapat digunakan peserta didik, tenaga kependidikan, dan pendidik untuk mengakses berbagai layanan di platform Belajar.id. Adapun akun Belajar.id bisa didapatkan secara mandiri maupun melalui operator sekolah.

Setelah mendapatkan akun Belajar.id, pengguna dapat langsung melakukan aktivasi agar dapat memanfaatkan berbagai layanan pembelajarannya. Namun bagaimana jika pengguna sudah melakukan aktivasi namun status pada akun tertulis "Belum Aktif"? 

Hal tersebut bisa jadi karena pengguna melewatkan beberapa hal penting dalam melakukan aktivasi akun Belajar.id, salah satunya adalah belum melakukan aktivasi melalui Gmail.

Baca juga: Cara Daftar, Aktivasi, dan Masuk Akun Pembelajaran Belajar.id

Apabila pengguna belum melakukan login di Gmail, maka pihak operator menganggap akun tidak aktif. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus mengaktifkan akun Belajar.id secara mandiri melalui Gmail. Berikut ini KompasTekno rangkum beberapa langkahnya.

Cara aktivasi akun pembelajaran Belajar.id

  • Buka laman https://mail.google.com/ 
  • Masuk dengan identitas pengguna (user ID) dan kata sandi (password) yang telah dikirim ke e-mail Anda
  • Kemudian cermati syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Klik “Terima”
  • Anda akan diarahkan untuk mengganti kata sandi (password) baru dengan minimum 8 karakter
  • Setelah mengganti kata sandi, Akun pembelajaran Anda telah aktif dan siap digunakan

Baca juga: Mengenal Belajar.id Kemendikbud, Platform Pembelajaran untuk PAUD hingga SMA

Namun, apabila telah melakukan aktivasi di Gmail dan akun masih menampilkan status "Belum Aktif", maka pengguna dapat mengabaikannya saja. Selama Anda dapat mengakses berbagai layanan Belajar.id, maka akun tersebut telah aktif. 

Sebagai informasi, Belajar.id sendiri merupakan platform pembelajaran digital dari Kemendikbud Ristek.

Platform ini menyediakan berbagai layanan pembelajaran seperti Aplikasi Merdeka Mengajar, Kelas Daring, Presentasi Daring, Rumah Belajar, TanyaBOS, video konferensi, dan lainnya.

Belajar.id dapat diakses peserta didik mulai dari PAUD, SD, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan agar dapat proses pembelajaran di rumah selama pandemi lebih optimal. Itulah solusi mengatasi akun belajar.id yang belum aktif. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.