Kompas.com - 14/03/2022, 13:44 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Aplikasi yang dapat menayangkan video YouTube tanpa iklan, YouTube Vanced, kini dihapus. Aplikasi yang populer di kalangan pengguna Android ini dinyatakan sudah tidak lagi dikembangkan dan akan dihapus sepenuhnya.

Hal tersebut diungkapkan pihak pembuat YouTube Vanced melalui akun Twitternya dengan handle @YTVanced. Pihak Vanced mengatakan website dan tautan untuk mengunduh aplikasi tersebut akan hilang.

"Vanced telah disetop. Dalam beberapa hari lagi, tautan unduhan di situs web akan dihapus," kata Vanced di Twitter.

Baca juga: Pendapatan YouTube Lampaui Netflix berkat Iklan

Kendati demikian, mereka tidak menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut. Namun, dihimpun KompasTekno dari Android Police, Senin (14/3/2022), kemungkinan besar aplikasi itu dihapus setelah mendapat ancaman hukum dari Google.

Aplikasi modifikasi seperti YouTube Vance ini memang terbilang ilegal. Selain tidak dikembangkan sendiri oleh Youtube, aplikasi ini membuat pengguna bisa menonton video tanpa iklan meski tidak berlangganan YouTube Premium. 

 

Google sendiri akhir-akhir ini gencar menindak perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan ilegal, seperti bot di Discord bernama Groovy dan Rythm.

Bot pemutar musik di Discord ini dianggap melanggar aturan Youtube. Pasalnya, bot Groovy dan Rythm ini dapat memutar musik yang berasal dari YouTube di Discord.

Kedua bot itu dihapus setelah YouTube mengirim surat peringatan kepada pengembang agar untuk menyetop layanannya. Dengan demikian, praktik yang sama mungkin dilakukan Youtube kepada YouTube Vanced.

Guna mencegah teguran dari Google, aplikasi ini sempat berganti nama menjadi hanya Vanced. Pengembang aplikasi ini juga menghapus sebagian besar penyebutan YouTube di situs webnya.

Baca juga: Facebook, YouTube, hingga TikTok Kompak Blokir Akun Milik Rusia

Sayangnya praktik tersebut tampaknya tidak dapat membuat Vanced terhindar dari aturan yang berlaku.

Tak hanya Vanced, beberapa aplikasi modifikasi juga menawarkan fitur premium dari Youtube seperti NewPipe. Kendati demikian, Youtube Vanced tercatat sebagai aplikasi modifikasi Youtube yang populer.

Menurut Android Police, aplikasi ini masih dapat diunduh sesuai pembaruan terakhir. Namun setelah dihapus, ke depannya aplikasi ini akan berjalan tanpa dukungan pembaruan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.