Penonton MotoGP Mandalika Bisa Jajal Internet 5G Telkomsel, Ini Syaratnya

Kompas.com - 19/03/2022, 13:25 WIB

LOMBOK, KOMPAS.com - Telkomsel menggelar jaringan 5G di sirkuit Mandalika selama ajang balap MotoGP digelar pada 18-20 Maret 2022. Penonton dan pengguna Telkomsel di Mandalika dapat menjajal kencangnya internet generasi kelima tersebut.

Syaratnya, penonton harus menggunakan smartphone 5G yang mendukung dan kartu SIM USIM (4G) yang telah diregistrasi/unlock ke jaringan 5G Telkomsel.

Untuk mengecek apakah ponsel 5G dan kartu SIM Anda sudah memenuhi syarat, bisa dengan membuka tautan ini dari browser di ponsel.

Kartu SIM yang digunakan untuk terhubung dengan jaringan 5G sejatinya sama saja dengan SIM card 4G. Namun, SIM card tersebut perlu didaftarkan di jaringan Telkomsel agar bisa terhubung dengan 5G.

"Kami membuka provisioning (registrasi/aktivasi 5G) di booth," kata Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu B. Sigit kepada KompasTekno, saat ditemui di kawasan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Sabtu (19/3/2022).

Dengan demikian, pengguna Telkomsel yang telah menggunakan SIM card 4G, tinggal datang ke salah satu booth Telkomsel di sirkuit Mandalika, untuk mendaftar ke jaringan 5G. Gratis dan tidak wajib menunjukkan tiket nonton.

Perlu dicatat bahwa jaringan 5G di Lombok saat ini baru tersedia di sejumlah tempat, seperti di Bandara Internasional Lombok dan wilayah sekitar sirkuit Mandalika.

Baca juga: 5G Telkomsel Langsung Nyambung di Sirkuit Mandalika, Tanpa Ganti Kartu SIM

Selain kartu SIM yang sudah diregistrasi, pengguna wajib menggunakan smartphone yang mendukung frekuensi 5G yang digelar Telkomsel.

Daftar ponsel yang sudah mendukung 5G Telkomsel bisa dilihat di tautan berikut ini.

Dalam pengujian KompasTekno, kecepatan download jaringan 5G di Mandalika tembus hingga 1 Gbps. Penonton MotoGP bisa menikmati jaringan kencang itu untuk berbagai kebutuhan, mulai dari akses media sosial, video call, hingga streaming.

Jurnalis KompasTekno menggunakan ponsel yang mendukung jaringan 5G Telkomsel, seperti Oppo Reno7 Z 5G, Samsung Galaxy A53 5G, sampai Galaxy S22 Ultra, dengan nomor dari operator seluler Telkomsel yang sudah memiliki profil 5G.

Baca juga: Diuji, 5G Telkomsel Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.