Kompas.com - 26/03/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Persentase baterai di ponsel memiliki fungsi sebagai penunjuk berapa daya yang tersisa pada waktu itu, sekaligus juga menjadi pengingat apakah daya ponsel sudah harus dicas atau belum.

Begitu pula dengan persentase baterai iPhone, yang mempermudah Anda untuk melihat kondisi daya terkini, sehingga dapat memutuskan tindakan untuk mengaktifkan mode daya rendah atau mengisi ulang daya.

Persentase baterai iPhone di sini bukanlah soal kesehatan baterainya, melainkan kondisi daya yang sedang tersimpan di baterai. Anda bisa melihat persentase kondisi daya yang sedang tersimpan itu dari skala 0 persen hingga 100 persen.

Baca juga: 2 Cara Menghapus Semua Kontak di iPhone dengan Mudah

Semakin tinggi angka persen yang ditampilkan maka semakin banyak juga kondisi daya yang sedang tersimpan dan tersedia untuk dipakai. Cara menampilkan persentase baterai iPhone berbeda-beda, sesuai dengan model ponselnya.

Secara umum, iPhone terbagi menjadi dua model ponsel, yaitu model yang mendukung Face ID, seperti pada iPhone X dan yang lebih baru. Kemudian, model yang mendukung Touch ID, seperti pada iPhone 8 dan sebelumnya.

Cara menampilkan persentase baterai iPhone pada dua model itu berbeda. Bagi Anda yang ingin mengetahui kondisi daya terkini, berikut KompasTekno rangkumkan cara menampilkan persentase baterai iPhone, sesuai dengan model ponselnya.

Cara menampilkan persentase baterai iPhone model Touch ID

  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan”
  • Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih opsi “Baterai”
  • Terakhir, aktifkan opsi “Persentase Baterai”.
  • Angka persentase bakal muncul di sebelah kiri ikon baterai, yang berada pada pojok kanan layar ponsel.

Baca juga: 10 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Beli iPhone Baru

Cara menampilkan persentase baterai iPhone model Face ID

  • iPhone model Face ID tidak memiliki opsi khusus untuk menampilkan persentase baterai yang berada di menu “Pengaturan”, seperti pada iPhone model Touch ID.
  • Untuk menampilkan persentase baterainya, Anda cukup mengusap layar ponsel di sisi kanan dari ujung atas ke bawah, untuk membuka menu pengaturan cepat.
  • Angka persentase bakal muncul di sebelah kiri ikon baterai, yang berada pada pojok kanan layar ponsel
  • Saat menu pengaturan cepat ditutup, persentase baterai tersebut tidak bakal ditampilkan
  • Jadi, persentase baterai iPhone model Face ID hanya bisa dilihat lewat menu pengaturan cepat.

Selain dua cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan widget untuk menampilkan persentase baterai iPhone.

Namun, tidak semua iPhone bisa menggunakan widget tersebut. Fitur widget ini hanya bisa digunakan pada iPhone dengan sistem iOS 14 atau yang lebih baru, berikut penjelasannya.

Cara menampilkan persentase baterai iPhone dengan widget

  • Ketuk dan tahan layar “home” iPhone, hingga muncul logo aplikasi yang bergoyang-goyang
  • Klik ikon tambah yang berada di pojok kiri atas layar iPhone
  • Cari widget baterai di kolom “Cari Widget”
  • Setelah menemukannya, klik opsi “Tambah Widget”
  • Widget tersebut bakal ditambahkan ke layar “home”, Anda bisa menggeser widget tersebut untuk menyesuaikan letaknya di layar “home”.

Ilustrasi cara menampilkan persentase baterai iPhone lewat widgetKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menampilkan persentase baterai iPhone lewat widget

Baca juga: Apa itu iPhone Refurbished yang Biasa Dijual Lebih Murah? Amankah Digunakan?

Jika selesai mengatur letak widget tersebut, klik opsi “Selesai” yang berada di pojok kanan layar iPhone. Anda kini bisa melihat persentase baterai iPhone lewat widget tersebut. Demikian tiga cara menampilkan persentase baterai iPhone, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.