Uang Nasabah BCA Hilang Rp 135 Juta Diduga karena Skimming, Apa Itu dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Kompas.com - 29/03/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Seorang nasabah BCA bernama Hebbie Agus Kurnia mengaku telah kehilangan uang tabungan senilai Rp 135 juta dalam sehari. Pengakuan ini dilontarkan lewat akun media sosial Instagram dan Twitter miliknya pada hari Minggu lalu (27/3/2022).

Ia mengaku tabungannya diambil via penarikan ATM BCA. Diketahuinya dari Customer Service (CS) BCA, aktivitas penarikan tersebut dilakukan di Surabaya, sementara saat itu ia sedang berada di Bandung.

Kartu ATM miliknya pun dikatakan sedang ia pegang sendiri atau tidak dibawa oleh orang lain. Setelah ditindaklanjuti oleh pihak BCA, permasalahan hilangnya uang tabungan nasabah tersebut diakibatkan karena kartu ATM milik Hebbie terkena Skimming.

Baca juga: Apa Itu Carding? Mengenal Bahaya dan Cara Mencegahnya

Untuk saat ini, uang tabungan Hebbie yang hilang karena Skimming telah diganti oleh pihak BCA secara penuh.

Di sisi lain, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn, mengimbau kepada nasabah untuk mengganti PIN kartu ATM secara berkala, supaya terhindar dari Skimming, sebagaimana dihimpun Kompas.com, Selasa (29/3/2022).

Dari kasus di atas, sebenarnya apa itu Skimming? Sehingga bisa membuat tabungan di kartu ATM lenyap seketika dan bagaimana cara menghindari Skimming?

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan mengenai kejahatan Skimming pada kartu ATM.

Apa itu Skimming?

Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu debit atau kredit. Pencurian ini dilakukan dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu.

Sementara itu, strip magnetik kartu sendiri merupakan garis lebar berwarna hitam memanjang yang terletak di bagian belakang kartu debit atau kredit. Strip magnetik itu berfungsi untuk tempat menyimpan informasi mengenai kartu debit atau kredit tersebut.

Dikutip dari laman resmi BCA, proses Skimming untuk mencuri informasi kartu kredit atau debit dilakukan menggunakan alat khusus yang biasa disebut dengan Skimmer. Alat tersebut oleh pencuri biasanya bakal ditempelkan pada slot kartu di mesin ATM.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber bca.co.id
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.