Kompas.com - 29/03/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Membuka layar atau unlock iPhone lewat Face ID kini bisa dilakukan tanpa harus melepaskan masker. Fitur ini diluncurkan Apple pada versi sistem operasi iPhone terbaru, yaitu iOS 15.4.

Apple tampaknya paham bagaimana perilaku pengguna di tengah situasi pandemi ini. Pengguna kini terbiasa mengenakan masker kesehatan agar meminimalisir paparan virus Covid-19.

Sebelum pembaruan fitur Face ID hadir, dulu pengguna perlu melepas masker bila ingin membuka layar iPhone dengan Face ID. Perlu diketahui, Face ID adalah sistem keamanan perangkat Apple yang menggunakan biometrik wajah.

Baca juga: 3 Cara Menampilkan Persentase Baterai di Semua Model iPhone

Pembacaan biometrik wajah tersebut memanfaatkan sensor TrueDepth. Dengan kehadiran fitur Face ID terbaru ini, sensor tersebut bisa mengautentikasi wajah pengguna saat mengenakan masker.

Sensor akan membaca karakter unik yang berada di sekitar mata pengguna saat menggunakan masker, sebagaimana dilansir laman resmi Apple. Lantas, bagaimana membuat Face ID di iPhone saat pakai masker?

Sayangnya, fitur Face ID dengan masker tidak bisa diakses pada semua model iPhone yang telah mendukung sensor TrueDepth. Membuka layar lewat Face ID dengan masker hanya bisa dilakukan pada model iPhone 12 atau yang lebih baru dan menjalankan iOS 15.4.

Setelah syarat minimal terpenuhi, pengguna dapat membuat Face ID di iPhone saat pakai masker dengan mengaksesnya di menu pengaturan. Untuk lebih lengkapnya, simak cara mengaktifkan Face ID tanpa buka masker seperti yang tertera di bawah ini.

  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu Pengaturan
  • Gulir ke bawah dan pilih menu “Face ID & Passcode”
  • Jika belum membuat Face ID, klik opsi “Set up Face ID” dan Anda bakal diminta untuk melakukan pemindaian wajah. Setelah berhasil, Anda juga bakal diminta untuk memasukkan kata sandi sebagai pengaman tambahan.
  • Setelah membuat Face ID, geser toggle untuk mengaktifkan opsi “Use Face ID with a Mask”
  • Anda bakal diminta untuk melakukan pemindaian wajah kembali sama seperti saat pembuatan Face ID sebelumnya. Pemindaian dilakukan tanpa mengenakan masker
  • Setelah pemindaian berhasil, kini Anda dapat membuka layar iPhone atau penguncian lainnya yang menggunakan Face ID, tanpa harus melepas masker.

Anda juga dapat membuka iPhone saat memakai kacamata dan masker secara bebarengan menggunakan fitur Face ID terbaru ini. Caranya, pastikan telah mengaktifkan Face ID dengan masker dulu di iPhone seperti tahap di atas.

Setelah itu, klik opsi “Add Glassess” yang berada tepat di bawah opsi “Use Face ID with a Mask” dalam menu “Face ID & Passcode”. Kemudian, Anda bakal diminta untuk melakukan pemindaian wajah menggunakan kacamata yang sering dipakai.

Baca juga: 2 Cara Menghapus Semua Kontak di iPhone dengan Mudah

Anda bisa menambahkan hingga empat kacamata yang berbeda dalam opsi ini. Setelah pemindaian berhasil, kini Anda bisa unlock iPhone menggunakan Face ID saat tengah memakai kacamata dan masker.

Cara mengaktifkan Face ID dengan masker lewat Apple Watch

Bagi yang tidak memiliki iPhone 12 atau yang lebih baru, Anda masih bisa membuka layar lewat Face ID dengan masker, melalui cara yang berbeda. Ada pun cara lain mengaktifkan Face ID dengan masker, bisa ditempuh dengan syarat sebagai berikut:

  • Memiliki perangkat iPhone yang menggunakan Face ID (iPhone X atau model yang lebih baru) dan telah menjalankan iOS 14.5 atau versi lebih baru
  • Memiliki perangkat Apple Watch Series 3 atau versi lebih baru, dengan telah menjalankan watchOS 7.4 atau versi lebih baru
  • Pastikan iPhone dan Apple Watch tersebut telah terhubung.

Fitur Face ID dengan masker ini memanfaatkan perangkat Apple Watch. Setelah syarat tersebut terpenuhi, berikut cara mengaktifkan Face ID dengan masker lewat Apple Watch.

  • Buka layar “home” Apple Watch Anda, pilih menu “Pengaturan”
  • Klik opsi “Passcode” kemudian tambahkan sandi untuk membuka Apple Watch. Kemudian, pastikan opsi “Wrist Detection” telah dalam posisi aktif. Wrist Detection ini merupakan fitur pendeteksi aktivitas pergelangan tangan.
  • Setelah itu, buka layar “home” iPhone Anda, pilih menu “Pengaturan”
  • Pilih menu “Face ID & Passcode”, lalu aktifkan opsi “Unlock with Apple Watch”
  • Pastikan Apple Watch telah dipakai di pergelangan tangan dengan layar tidak terkunci
  • Ketika membuka kunci layar iPhone saat memakai masker, bakal muncul notifikasi di Apple Watch yang menyatakan kunci telah terbuka.

Baca juga: Apa itu iPhone Refurbished yang Biasa Dijual Lebih Murah? Amankah Digunakan?

Kini, Anda bisa membuka layar iPhone lewat Face ID saat menggunakan masker dengan Apple Watch. Itulah dua cara mengaktifkan Face ID tanpa buka masker, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.