Selain di Indonesia, Shopee Juga Beroperasi di Negara-negara Ini

Kompas.com - 31/03/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Shopee sebagai platform marketplace yang cukup populer saat ini memiliki sejumlah wilayah operasi, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara pada wilayah Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Eropa.

Shopee bukanlah perusahaan asli dalam negeri. Platform ini merupakan salah satu produk yang berada di bawah naungan perusahaan asal Singapura, yakni Sea Group. Perlu diketahui, Sea Group juga memiliki dua produk lain, yakni Garena dan Sea Money.

Garena merupakan pengembang game online ponsel yang cukup ramai dimainkan di Indonesia, yaitu Free Fire. Sementara itu, Sea Money merupakan pengembang dompet digital Shopee Pay.

Baca juga: Sebelum India, Shopee di Perancis Juga Tutup Setelah Beroperasi 6 Bulan

Shopee yang satu saudara kandung dengan Garena dan Sea Money itu baru hadir di Indonesia pada 2015. Shopee termasuk menjadi pendatang terakhir di pasar platform marketplace Indonesia.

Sekitar tahun 2010, platform marketplace lokal Bukalapak dan Tokopedia telah lebih dulu hadir di Indonesia, kemudian disusul pemain berikutnya Lazada dan Zalora yang hadir pada sekitar tahun 2012.

Kendati tergolong telat datang, Shopee sukses di pasaran platform marketplace. Shopee kerap menggelontorkan promo bagi konsumen, seperti potongan harga dan biaya pengiriman gratis.

Kampanye masif dengan menggaet artis juga kerap dijalankan belakangan ini untuk menarik pengguna. Dikutip dari KR Asia, Shopee kini menjadi platform marketplace terbesar di Asia Tenggara, dengan 343 juta pengunjung setiap bulannya.

Shopee memiliki wilayah operasi pada sejumlah negara di luar Indonesia, yang meliputi Singapura sebagai negara asalnya, Taiwan, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Brasil, Meksiko, Kolombia, Chile, Polandia, Spanyol, Perancis, India, dan Argentina.

Awal rilis Shopee dilakukan di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kemudian, platform marketplace ini mulai mengembangkan sayapnya di kawasan Amerika Latin pada tahun 2019, dengan Brasil sebagai pasar pertamanya.

Kemudian, disusul dengan membangun wilayah operasi di Meksiko, Chile, dan Kolombia pada tahun 2021. Wilayah operasi Shopee kian lebar pada sejumlah negara di luar kawasan Asia Tenggara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.