Kompas.com - 31/03/2022, 14:49 WIB

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel melakukan penguatan jaringan dalam menyambut bulan Ramadhan dan lebaran 2022.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, ada sejumlah strategi yang dilakukan, seperti peningkatan cakupan, kapasitas, hingga kualitas jaringan Telkomsel.

"Ini dilakukan untuk memastikan karena Ramadhan dan lebaran adalah momen puncak setiap tahunnya, di mana akan terjadi berbagai lonjakan, baik dari sisi payload, trafik data, trafik SMS, dan lainnya," kata Nugroho dalam sebuah acara daring, Kamis (31/3/2022).

Untuk mengakomodasi lonjakan trafik itu, salah satu persiapan Telkomsel adalah dengan melakukan peningkatan kapasitas jaringan.

Hadir di acara yang sama, Vice President Network Assistance, Security & Operations Center Telkomsel, Rahmat Novalianto mengungkapkan Telkomsel sudah meningkatkan kapasitas internet hingga 10,032 Tbps dan kapasitas internet gateway hingga 6,39 Tbps.

Baca juga: Trafik Data 4G dan 5G Telkomsel Melonjak Selama MotoGP Mandalika

"Lalu, untuk memperkuat jaringan, Telkomsel telah melakukan upgrade 155 BTS ke BTS 4G dan membangun 284 BTS 4G baru," kata Noval.

Direktur Network Telkomsel Nugroho menjelaskan soal persiapan Telkomsel menghadapi periode Ramadhan dan Lebaran 2022.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Direktur Network Telkomsel Nugroho menjelaskan soal persiapan Telkomsel menghadapi periode Ramadhan dan Lebaran 2022.
Nugroho mengatakan, tambahan BTS tersebut tersebar di 500 point of interest (PoI), atau titik wilayah yang menjadi perhatian khusus Telkomsel. Pasalnya, lokasi-lokasi itu diprediksi akan mengalami lonjakan trafik selama periode Ramadhan dan Lebaran 2022.

Adapun 500 titik tersebut adalah sebagai berikut:

  • 104 titik area perumahan
  • 299 titik pusat perbelanjaan, alun-alun kota, dan tempat publik lainnya
  • 56 titik bandara, pelabuhan, dan terminal
  • 4 titik rumah sakit rujukan Covid-19
  • 19 titik area dan jalur transportasi dan logistik
  • 18 titik masjid besar

Nugroho tidak memberikan detail kota untuk semua titik tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa 500 titik itu sebagian besar tersebar di area Jawa-Bali.

Selain Jawa-Bali, Nugroho juga mengatakan, titik yang menjadi perhatian Telkomsel juga termasuk di wilayah Sumatera dan dan Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.