Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aplikasi Niat Puasa dan Kumpulan Doa Sehari-hari untuk Bulan Ramadhan

Kompas.com - 03/04/2022, 02:55 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah resmi mengumumkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 3 April 2022. Sebelum mulai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 2022, ada baiknya untuk mempelajari lagi niat puasa wajib dan syarat puasa.

Saat ini ada beberapa aplikasi yang mempermudah umat Islam untuk membaca niat puasa serta doa-doa lain yang bisa dibaca setiap hari untuk menunjang ibadah puasa.

Berikut empat aplikasi niat puasa dan kumpulan doa sehari-hari yang dirangkum KompasTekno. Aplikasi di daftar ini ada yang bisa diunduh di Play Store dan App Store atau salah satunya saja.

Niat Puasa Wajib dan Puasa Sunnah

Aplikasi Niat Puasa Wajib dan Sunnah berisi kumpulan macam-macam puasa. Tidak hanya puasa wajib, di aplikasi ini juga tersedia informasi tentang puasa sunnah seperti puasa senin-kamis, puasa Daud, puasa Rajab, dan sebagainya.

Selain niat puasa, aplikasi ini juga memberikan informasi tentang syarat wajib puasa serta doa-doa penunjang ibadah. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store.

Baca juga: 5 Aplikasi Resep Masakan Buat Buka Puasa Ramadhan 2022

Muslim Pro - Ramadhan 2022

Aplikasi ini cukup populer bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebab, aplikasi MuslimPro bisa dibilang cukup lengkap. Ada banyak fitur seperti pengatur waktu shalat, pengingat adzan, dan pengingat waktu berpuasa (Imsak dan Iftar) selama bulan Ramadhan.

Selain itu masih ada fitur penunjuk arah kiblat, kalender Hijriah, Al-Qur'an dengan terjemahan, audio, dan fonetik, hingga tasbih digital untuk menghitung dzikir.

Selain itu masih ada fitur penunjuk arah kiblat, kalender Hijriah, Al-Qur'an dengan terjemahan, audio, dan fonetik, hingga tasbih digital untuk menghitung dzikir.

Tak hanya itu, dalam aplikasi Muslim Pro, pengguna juga dapat memanfaatkan peta yang tersedia untuk menemukan rumah makan halal dan masjid terdekat.

Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut. Bisa juga diunduh di App Store lewat link ini.

Baca juga: 20 Link Download Twibbon Ramadhan 2022 dan Cara Pakainya

iDUas

Aplikasi iDuas merupakan aplikasi kumpulan do’a ramadhan. Aplikasi ini memiliki panduan rinci mengenai do’a-doa apa saja yang dianjurkan selama bulan suci ramadhan termasuk do’a-do’a di malam Lailatul Qadr hingga Idul Fitri.

Pengguna juga dapat mengunduh file MP3 dan video untuk setiap do’a untuk didengarkan secara offline. IDuas dapat diunduh secara gratis di iPhone maupun ponsel Android dan memiliki rating 4.3 dari 5. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di App Store atau Play Store.

Baca juga: 3 Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp, Bisa untuk Ucapan Ramadhan

Do'a dan dzikir

Bulan Ramadhan tentu harus diisi dengan berbagai ibadah salah satunya perbanyak doa dan dzikir. Aplikasi "Do’a dan dzikir" bisa dijadikan sebagai pendukung ibadah ramadhan Anda.

Aplikasi ini dapat digunakan di iPhone dan diunduh secara gratis di App Store. Selain di App Store terdapat aplikasi do’a dan dzikir di yang bisa Anda unduh di Play Store untuk para para pengguna ponsel Android di tautan berikut ini.

Demikian empat aplikasi niat puasa dan kumpulan doa untuk menunjang ibadah selama Ramadhan 2022. Selamat berpuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com