Kompas.com - 06/04/2022, 21:39 WIB

KOMPAS.com - Telkomsel memantapkan rencananya untuk mematikan jaringan 3G dari infrasturktur yang dioperasikan oleh perusahaan di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan demikian, jaringan Telkomsel hanya akan menunjang jaringan 2G, 4G dan 5G.

Keputusan untuk mematikan jaringan 3G dilakukan Telkomsel guna membuat infrastruktur perusahaan menjadi lebih efisien. Sebab, komunikasi berbasis data yang sebelumnya ditunjang oleh jaringan 3G kini dapat diakomodasi oleh 4G.

Selain itu, jumlah pengguna 3G juga dinilai semakin menurun dibanding pengguna 4G. Menurut Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, Ismail, jumlah pengguna 3G disebut turun.

Baca juga: Cara Telepon dan SMS ke Sesama Telkomsel, Tanpa Pulsa

Disampaikan Ismail, selama pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal 2020, jumlah pengguna jaringan 3G menjadi 2-3 pesen dari total jumlah pengguna jaringan seluler di Indonesia. Ismail tidak merinci jumlah pengguna jaringan 3G dalam satuan angka.

"Pengunaan data makin lama makin besar, sehingga pertumbuhan 3G makin lama makin rendah. Kisarannya 2-3 persen (dari total pelanggan) pengguna 3G only itu," kata Ismail dalam Telkomsel Update BTS 4G di Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Menurut Ismail, jumlah itu udah sangat tidak signifikan lagi. Adapun sebaran pengguna 3G berada di sejumlah daerah di Indonesia, utamanya di wilayah pelosok seperti di wilayah Timur Indonesia.

Seiring dengan menurunnya pengguna jaringan 3G, jumlah pengguna 4G disebut naik karena trafik data selama pandemi naik 10 sampai 15 persen. Sayangnya Ismail juga tidak merinci jumlah pengguna 4G di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel Mulai Upgrade Jaringan 3G ke 4G LTE di 766 Kecamatan

Adapun untuk pengguna 2G, jumlahnya disebut Ismail lebih rendah dibanding dengan pengguna 3G, tetapi persentasinya sama, berkisar 2-3 persen. Sebaran jumlah pengguna 2G juga tersebar di sejumlah daerah di Indonesia, namun mayoritas di wilayah pelosok.

Tahapan Telkomsel upgrade jaringan 3G

Telkomsel akan mematikan jaringan 3G dan meningkatkannya (upgrade) ke 4G dalam empat tahap dimulai Maret ini.

Untuk tahap awal, proses upgrade jaringan 3G ke 4G LTE Telkomsel akan dilakukan bulan Maret hingga Mei 2022 di 90 kota/kabupaten, yang mencakup 766 kecamatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.