BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Mudik Antibosan, Siapkan 5 Aplikasi Berikut di Smartphone Selama Perjalanan

Kompas.com - 27/04/2022, 11:22 WIB
Smartphone Oppo A96 bisa jadi juru selamat guna menemani perjalanan mudik Lebaran. Oppo IndonesiaSmartphone Oppo A96 bisa jadi juru selamat guna menemani perjalanan mudik Lebaran.

KOMPAS.comMudik telah menjadi tradisi masyarakat Tanah Air menjelang Lebaran. Pada momen ini, para pemudik menggunakan berbagai moda transportasi, seperti bus, kapal, kereta api, pesawat, dan kendaraan pribadi.

Seiring dengan situasi pandemi Covid-19 yang mulai terkendali, pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan bahwa jumlah pemudik Lebaran 2022 mencapai 85,5 juta orang.

Jumlah tersebut berpotensi menimbulkan kepadatan arus lalu lintas. Pemudik pun harus bersiap menghadapi permasalahan selama di perjalanan, seperti kemacetan, salah arah, dan bosan.

Dalam kondisi seperti itu, smartphone bisa jadi juru selamat guna menemani perjalanan mudik Lebaran. Dengan berbagai aplikasi yang dipasang, smartphone dapat menjadi perangkat serbabisa untuk menunjang berbagai keperluan, termasuk saat mudik.

Nah, agar perjalanan mudik lancar, antibosan, dan tidak mati gaya, kamu bisa mengunduh (download) sejumlah aplikasi berikut di smartphone.

1. Layanan kesehatan

Meski mudik diperbolehkan, pemerintah tetap menerapkan sejumlah peraturan bagi masyarakat demi mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Selain mewajibkan vaksinasi, pemerintah juga meminta pemudik untuk mengisi Electronic Health Alert Card (e-Hac) melalui aplikasi PeduliLindungi. Oleh sebab itu, kamu wajib mengunduh aplikasi layanan kesehatan tersebut.

(Baca juga: Anti-Mati Gaya, Berikut 4 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Lebaran dengan Smartphone)

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu juga memasang aplikasi layanan kesehatan lain yang memungkinkan kamu mendapatkan layanan medis secara online. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengakses layanan telemedisin dan membeli kebutuhan medis selama perjalanan.

2. Penunjuk arah

Aplikasi penunjuk arah (map) wajib diunduh sebelum melakukan perjalanan, khususnya bagi pemudik yang menempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi.

Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa memilih rute terbaik untuk mencapai tujuan. Bahkan, kamu bisa menambahkan beberapa tujuan sekaligus.

Selama perjalanan, pastikan smartphone Oppo A96 telah mengunduh sejumlah aplikasi pendukung mudik.Oppo Indonesia Selama perjalanan, pastikan smartphone Oppo A96 telah mengunduh sejumlah aplikasi pendukung mudik.

Melalui aplikasi itu pula, pengguna dapat memantau kepadatan lalu lintas. Dengan demikian, kamu bisa menghindari jalur macet selama perjalanan.

Tak hanya menghadirkan layanan navigasi, aplikasi map juga bisa memberikan rekomendasi rumah ibadah, restoran, hotel, stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), tempat istirahat, dan destinasi wisata.

3. Agen perjalanan dan transportasi online

Kedua jenis aplikasi tersebut merupakan andalan bagi pengguna transportasi umum. Selain memesan tiket berbagai moda transportasi, seperti kereta, pesawat, dan bus, kamu juga bisa membatalkan dan mengubah jadwal perjalanan lewat aplikasi agen perjalanan online.

Sementara itu, aplikasi transportasi online dapat digunakan untuk memesan kendaraan dari dan ke stasiun, bandara, atau terminal.

Saat ini, sejumlah aplikasi tersebut tak hanya berfokus pada layanan perjalanan dan transportasi. Lewat aplikasi ini, pengguna juga bisa membeli pulsa, paket data, asuransi, serta membayar berbagai tagihan, termasuk zakat fitrah.

4. Mobile banking dan dompet digital

Sejak pandemi Covid-19 melanda, masyarakat mulai beralih menggunakan metode pembayaran nontunai (cashless) demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Pemerintah pun mengimbau masyarakat agar bertransaksi menggunakan layanan scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Adapun layanan ini bisa diakses menggunakan mobile banking dan dompet digital.

(Baca juga: THR Cair, Berikut 4 Panduan Upgrade Smartphone Baru agar Tak Salah Pilih)

Tak hanya bertransaksi, kedua aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengisi ulang kartu uang elektronik untuk membayar tol, serta membeli pulsa dan paket data.

5. Hiburan dan media sosial

Agar perjalanan mudik Lebaran lancar dan terhindar dari rasa bosan, pastikan kamu mengunduh aplikasi hiburan. Sebagai contoh, kamu bisa memasang aplikasi baca buku online, game favorit, serta streaming video, film, dan musik.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial (medsos) untuk mengusir kebosanan. Berbagai info terbaru seputar perjalanan juga bisa kamu dapatkan lewat medsos.

Agar perjalanan mudik Lebaran lancar dan terhindar dari rasa bosan, pastikan kamu mengunduh aplikasi hiburan di smartphone Oppo A96.                              Oppo Indonesia Agar perjalanan mudik Lebaran lancar dan terhindar dari rasa bosan, pastikan kamu mengunduh aplikasi hiburan di smartphone Oppo A96.

Dengan aplikasi itu pula, kamu dapat mengunggah foto serta video untuk mengabadikan momen mudik Lebaran dan membagikannya kepada orang-orang terdekat.

Agar foto dan video yang diunggah semakin menarik, jangan lupa untuk mengeditnya menggunakan aplikasi edit foto.

Itulah kelima jenis aplikasi yang wajib ada di smartphone untuk membantu kelancaran perjalanan selama mudik.

Dengan beragam aplikasi tersebut, kamu membutuhkan smartphone dengan kapasitas memori besar. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memanfaatkan Oppo A96 sebagai teman perjalanan selama mudik.

Smartphone dari brand premium tersebut memiliki ruang kapasitas penyimpanan internal yang besar, yaitu ROM 256 gigabita (GB) dan dapat diperluas dengan microSD hingga 1 terabita (TB).

Tak sekadar aplikasi, dengan kapasitas tersebut, kamu juga bisa menyimpan deretan film dan series secara offline untuk ditonton selama perjalanan.

Oppo A96 memiliki ruang kapasitas penyimpanan internal yang besarEGG Oppo A96 memiliki ruang kapasitas penyimpanan internal yang besar

Untuk mendukung kelancaran kamu bermain game, smartphone hi-tech berstandar internasional itu dibekali dengan prosesor terbaru Snapdragon 680 dengan RAM 8 GB yang bisa diperluas hingga 5 GB RAM Expansion.

Ketika menonton dan bermain game, kamu pun akan disuguhkan dengan visual yang apik. Pasalnya, Oppo A96 memiliki layar besar, yaitu 6,59 inci dengan rasio layar terhadap bodi sebesar 90,8 persen dan resolusi FHD 1.080x2.412. Spesifikasi layar ini memberikan pengalaman hiburan dan bermain game yang immersive.

(Baca juga: Suka Mobile Photography? 5 Fitur Fotografi Ini Wajib Ada di Smartphone)

Layar tersebut juga menghadirkan 95 persen NTSC Wide Color Gamut dengan standar spektrum warna yang mudah ditangkap mata manusia. Dengan demikian, tampilan layar menjadi lebih nyata dan kaya warna.

Selain itu, layar Oppo A96 juga memiliki refresh rate sebesar 90 hertz (Hz) yang dilengkapi dengan teknologi Adaptive Refresh Rate.

Teknologi tersebut mampu mengatur kecepatan refresh rate layar secara otomatis berdasarkan kebiasaan pengguna serta memastikan kelancaran yang lebih baik sembari menjaga penggunaan daya tetap rendah.

Kemudian, Oppo A96 juga didukung dengan kapasitas baterai ekstra besar, yaitu 5.000 miliampere hour (mAh). Keunggulan ini cocok dimanfaatkan selama mudik. Pasalnya, pengguna dapat menggunakan smartphone selama seharian tanpa perlu mengisi ulang baterai.

Oppo A96 pun dilengkapi dengan teknologi pengisian 33W SUPERVOOC. Teknologi ini membuat pengisian daya baterai dari nol hingga 55 persen dapat selesai dalam waktu 30 menit. Oppo A96 juga memiliki fitur Super Power Saving Mode dan Optimized Night Charging untuk mengoptimalkan daya sesuai kebutuhan.

Oppo A96 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Pearl Pink dan Starry Black                 Oppo Indonesia Oppo A96 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Pearl Pink dan Starry Black

Oppo A96 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Pearl Pink dan Starry Black. Smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 4.299.000 ini bisa dipesan secara luring melalui jaringan Oppo Store atau toko-toko yang menjual smartphone Oppo di seluruh Indonesia.

Kamu juga bisa memesan secara daring melalui aplikasi Oppo Store atau Oppo Official Store di berbagai e-commerce terkemuka di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo A96, kamu dapat mengunjungi tautan berikut.

 

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.