BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Catat, 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Smartphone Baru untuk Lebaran

Kompas.com - 29/04/2022, 08:30 WIB
Oppo Reno7 5G hadir dengan desain stylish yang mampu menunjang penampilan penggunanya. Oppo Reno7 5G hadir dengan desain stylish yang mampu menunjang penampilan penggunanya.
|

KOMPAS.comLebaran identik dengan kebaruan, tidak hanya soal pakaian, tapi juga smartphone. Tunjangan hari raya (THR) yang didapat jelang hari raya tersebut berkontribusi pada fenomena ini.

Membeli smartphone untuk Lebaran sebenarnya sah-sah saja. Namun, mengingat perangkat ini menjadi benda esensial dalam kehidupan sehari-hari, sebaiknya kamu tidak gegabah dalam melakukan hal tersebut.

Setidaknya, ada lima hal yang perlu dipenuhi dari smartphone yang hendak kamu pinang. Berikut ulasannya.

1. Memori harus besar

Pertimbangan pertama saat ingin membeli ponsel baru adalah kapasitas memori. Usahakan komponen ini berkapasitas besar, baik random access memory (RAM) maupun read only memory (ROM) atau media penyimpanan internal.

RAM yang besar, paling tidak minimal 8 gigabita (GB), membuat ponsel bisa diajak untuk multitasking dengan lancar. Kamu pun tak perlu berhadapan dengan loading screen yang lama ketika membuka kembali aplikasi yang sempat ditutup.

Sementara itu, ponsel dengan ROM besar bisa menampung banyak data, seperti foto, video, dan audio. Idealnya, media penyimpanan ini berkapasitas minimal 64 GB.

2. Performa tinggi dan anti-lagging

Tidak mengalami lag kala digunakan, mulus ketika berpindah aplikasi, cepat saat memproses grafis, dan tidak panas meski dipakai dalam waktu lama merupakan ciri-ciri smartphone ideal.

Semua hal itu bisa didapat kalau ponsel memakai central processing unit (CPU) dan graphics processing unit (GPU) berkualitas.

Adapun merek CPU yang jamak digunakan para produsen smartphone ternama adalah Snapdragon, Exynos, MediaTek, Intel, dan Kirin.

Sementara, Adreno dan Mali menjadi merek GPU andalan banyak perusahaan teknologi. Jadi, pastikan smartphone yang kamu pilih dibekali CPU dan GPU terbaru dan terbaik dari merek tersebut.

3. Kamera sekelas DSLR

Kalau kamu pencinta fotografi ponsel, pastikan smartphone yang hendak dibeli punya kamera beresolusi tinggi. Jika kriteria ini terpenuhi kamu bisa saja menghasilkan gambar berkualitas sekelas penggunaan kamera digital single lens reflex (DSLR).

Akan lebih baik jika kamera dilengkapi dengan beragam konfigurasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Sebagai contoh, wide lens yang dapat mengakomodasi keperluan memotret panorama. Kemudian, night mode yang bisa digunakan untuk mengambil gambar pada malam hari atau dalam kondisi minim cahaya dan pengaturan efek sinematik yang diperlukan agar video terlihat lebih artistik.

Oppo Reno7 Z 5G dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh.Dok. Oppo Oppo Reno7 Z 5G dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh.

4. Baterai besar dengan pengisian cepat

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa ponsel merupakan barang esensial dalam kehidupan sehari-hari. Intensitas berponsel yang tinggi perlu ditopang dengan kapasitas baterai berukuran jumbo.

Meski perkara habis baterai bisa diakali dengan powerbank, cara ini kurang solutif. Bayangkan, kamu mesti ribet membawa dua perangkat sekaligus. Bahkan, tak jarang kabel casan melilit dan mengganggu pergerakan tubuh.

Selain baterai berkapasitas besar, akan lebih baik lagi jika komponen tersebut didukung teknologi pengisian daya cepat (fast charging). Dengan begitu, kamu tidak perlu menunggu lama saat mengecas ponsel.

5. Desain bergaya

Fungsi ponsel sekarang tidak lagi sekadar untuk berkomunikasi, mencari hiburan, dan wadah berkreasi. Perangkat ini juga menjadi kunci dalam berpenampilan. Dengan kata lain, semakin keren desain ponsel, maka semakin menarik pula penampilanmu.

Tidak sulit menemukan smartphone berdesain stylish dan fashionable. Kamu bisa melirik Reno7 Z 5G dari Oppo.

Oppo Reno7 Z 5G mengusung konsep Ultra Slim Retro Design sehingga bingkainya rata, terlihat elegan, dan nyaman saat digenggam. Bagian punggung yang bertekstur spliced gloss dan matte semakin memperkuat kesan stylish ponsel ini.

Untuk diketahui, Oppo Reno7 Z 5G merupakan smartphone pertama yang menggunakan tekstur spliced gloss dan matte. Kedua tekstur ini menggantikan bahan dasar yang biasanya ditemukan di sekitar modul kamera pada perangkat smartphone lain.

Selain menarik secara desain, ponsel yang dijual seharga Rp 5.999.000 itu juga punya kamera dengan fitur berteknologi kecerdasan buatan, yakni Bokeh Flare Portrait. Sesuai namanya, fitur ini dapat membuat foto bokeh selayaknya menggunakan kamera DSLR.

Dari segi kinerja, Oppo Reno7 Z 5G layak diperhitungkan. Ponsel ini memiliki dapur pacu yang dilengkapi prosesor Snapdragon 695 5G. Performanya makin bandel dengan dukungan RAM 8 GB yang dapat diperluas hingga 5 GB (8GB+5GB), ROM 128 GB, dan baterai 4.500 miliampere hour (mAh) berfitur fast charging 33W SuperVOOC.

Spesifikasi tak kalah mumpuni juga bisa ditemukan pada Oppo Reno7 5G. Ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 7.499.000 ini punya dukungan chipset Mediatek Dimensity 900 5G. Untuk RAM, ROM, dan kapasitas baterai sama dengan Reno7 Z 5G.

Dari segi bodi, Oppo Reno7 5G mengaplikasikan laser direct imaging. Konsep ini membuat tampilan punggung ponsel tersebut berpola garis-garis lurus bak lintasan meteor jatuh.

Untuk memanjakan pencinta fotografi dan videografi ponsel, Oppo membenamkan Portrait Mode pada kamera Reno7 5G. Dengan fitur ini, foto yang dihasilkan akan lebih berkualitas dengan efek bokeh profesional.

Jika ditilik lagi, kedua seri itu sudah mengadopsi teknologi konektivitas generasi kelima alias 5G. Untuk diketahui, jaringan ini menawarkan koneksi internet cepat hingga 20 gigabita per detik (Gbps).

Oppo A96 hadir dengan spesifikasi mumpuni.Dok. Oppo Oppo A96 hadir dengan spesifikasi mumpuni.

Selain Reno7 Z 5G dan Reno7 5G, tidak ada salahnya kamu melirik A96 yang juga rilisan dari Oppo. Pasalnya, ponsel pintar berteknologi tinggi berstandar internasional ini mumpuni secara performa, baterai, dan kamera.

Dari segi jeroan, A96 punya otak Snapdragon 680 dengan dukungan RAM 8GB+5GB dan ROM 256 GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 1 terabita (TB). Performa makin gahar dengan bekal baterai jumbo 5.000mAh berfitur pengisian cepat 33W SuperVOOC.

Itulah 5 pertimbangan dalam membeli smartphone baru untuk Lebaran. Jika keputusannya jatuh pada ketiga produk di atas, kamu bisa memanfaatkan promo Semarak Ramadan Oppo.

Lewat promo yang berlangsung selama 18 April 2022 hingga 2 Mei 2022 itu, Oppo akan memberikan hadiah menarik untuk setiap transaksi dari masing-masing seri smartphone premium tersebut.

Contohnya, rice cooker atau air fryer dari merek Olike untuk pembelian Oppo Reno7 Z 5G. Ada pula sandwich maker dari merek sama untuk pembelian Oppo Reno7 5G.

Informasi lebih lanjut mengenai promo Semarak Ramadan Oppo bisa didapat lewat tautan ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.