7 Cara Mengatasi WhatsApp Versi Desktop yang Error

Kompas.com - 30/04/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp tidak hanya bisa diakses via smartphone. WhatsApp juga bisa diakses lewat desktop, di mana pengguna bisa mengunduh dan memasang aplikasi WhatsApp versi desktop di PC masing-masing.

Namun, sebagaimana versi mobile, WhatsApp versi dektop juga tidak kebal dari masalah atau error. Adapun beberapa masalah yang muncul misalnya, aplikasi WhatsApp dekstop terutup sendiri atau force close, aplikasi memuat (loading) terlalu lama, aplikasi yang gagal dibuka, dan QR code yang tidak juga muncul.

Sederet masalah di atas memiliki solusi yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi WhatsApp Desktop error, baik untuk Mac atau Windows.

Baca juga: WhatsApp Web Vs WhatsApp Desktop, Perbedaan dan Cara Menggunakannya

1. Metode force close

Metode ini adalah solusi mengatasi WhatsApp versi Desktop error dengan cara yang paling sederhana, yakni tutup aplikasi dan membukanya lagi.

Meskipun cukup simpel, cara ini terkadang berhasil menyelesaikan masalah yang ada di WhatsApp Desktop seperti pesan yang tidak masuk atau tidak terkirim, tidak tersambung ke internet, atau tanggal pesan yang salah.

Akan tetapi, ada kalanya ketika aplikasi WhatsApp Desktop hendak ditutup, justru aplikasi tidak bisa berjalan dan muncul keterangan "not responding".

Apabila terjadi hal demikian, Anda bisa menutup WhatsApp versi desktop melalui menu Task Manager.

Untuk pengguna Windows, Task Manager bisa dibuka dengan menekan tombol Ctrl+Shift+ESC bersamaan. Setelah itu pilih WhatsApp di menu Task Manager, kemudian tekan tombol End task yang ada di pojok kanan bawah.

Cara Mematikan WhatsApp Melalui Task ManagerBernadinus Adi Pramudita Cara Mematikan WhatsApp Melalui Task Manager

Untuk pengguna Mac, dapat secara mudah menekan tombol Command+Q, atau klik logo Apple di pojok kiri atas, kemudian pilih Force Quit.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

2. Cek kembali koneksi internet

Bukan tidak mungkin, penyebab utama WhatsApp Desktop error adalah karena koneksi internet yang bermasalah. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan uji kecepatan internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.