Kompas.com - 08/05/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Saat memori internal iPhone telah penuh dan kinerja perangkat sudah terasa lambat, biasanya pengguna bakal melakukan factory reset. Bagi Anda yang awam terkait aktivitas tersebut, mungkin bakal bertanya apa itu factory reset di iPhone.

Sederhananya, factory reset adalah proses mengatur ulang atau mengembalikan ponsel ke setelan awal pabrik, sehingga kadang bisa juga disebut sebagai reset pabrik.

Baca juga: Cara Reset iPhone Tanpa Password via iTunes dengan Mudah

Kebanyakan ponsel yang beredar saat ini, sistem operasinya telah dibekali dengan kemampuan untuk melakukan factory reset, tak terkecuali iPhone dengan iOS.

Dengan melakukan factory reset, kondisi iPhone bakal kembali seperti saat pertama kali dikeluarkan dari boks. Lantas, apakah reset pabrik iPhone aman untuk dilakukan?

Factory reset bisa jadi pilihan saat Anda mungkin ingin menghapus semua data di iPhone agar ruang memori internal jadi lebih lega, atau bisa juga dilakukan saat ingin menyegarkan perangkat yang kinerjanya mulai melambat.

Factory reset di iPhone akan menghapus semua data, termasuk semua aplikasi yang telah terpasang dan pengaturan yang telah diterapkan. Jadi setelah proses pengaturan ulang selesai, sistem iPhone bakal kembali seperti baru.

Mengingat konsekuensi tersebut, sebelum melakukan factory reset iPhone, ada baiknya Anda telah mencadangkan beberapa data penting terlebih dahulu, seperti foto atau dokumen. Pencadangan data salah satu caranya bisa dilakukan lewat iCloud.

Pastikan pula Anda hafal password Apple ID dan layar kunci iPhone. Kemudian, untuk reset pabrik di iPhone caranya cukup mudah, namun tiap versi iOS biasanya memiliki tahap yang berbeda.

Umumnya, factory reset iPhone dilakukan lewat opsi “Umum” atau “General” di menu “Pengaturan”, lalu memilih opsi “Erase All Content and Settings” dan iPhone bakal mulai proses pengaturan ulang ke setelan pabrik.

Sudah penasaran dengan bagaimana cara mengatur ulang iPhone ke setelan pabrik? Simak, penjelasan cara factory reset iPhone iOS 14 dan iOS 15 di bawah ini.

Baca juga: 3 Cara Mengubah Nama AirDrop di iPhone, iPad, dan Macbook

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.