Kompas.com - 14/05/2022, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Google resmi merilis sistem operasi Android 13 versi Beta 2 di gelaran konferensi tahunan, Google I/O pada Rabu (11/5/2022) lalu.

Android 13 membawa sejumlah fitur baru, meliputinya adanya fitur ikon bertema (themed icon), fitur privasi yang ditingkatkan, kontrol preferensi bahasa baru, dan beberapa fitur lainnya.

Mulanya, sistem operasi ini dirilis ke pengguna dalam versi beta, tetapi khusus untuk pengguna smartphone Pixel. Kini dalam versi Beta 2, Android 13 sudah bisa dicoba di smartphone merek lain, seperti ponsel Oppo.

Baca juga: Android 13 Beta 2 Dirilis, Ini Smartphone Oppo, Xiaomi, dkk yang Kebagian

Berdasarkan keterangan Google, Android 13 Beta 2 akan tersedia mulai Kamis (12/5/2022) untuk dua smartphone Oppo.

Kedua ponsel Oppo yang sudah mendapat sistem operasi Android 13 beta 2 adalah:

Untuk memeriksa ketersediaan update Android 13 Beta 2 di ponsel Oppo, pengguna bisa membuka menu "Settings" > "Software Update" di smartphone miliknya masing-masing.

Bila sudah kebagian update, pengguna tinggal mengeklik opsi "download now" untuk memasang Android 13 Beta 2.

Secara total, ada 11 merek smartphone Android yang mendukung Android 13 Beta 2. Pengguna sejumlah smartphone dengan tipe di atas yang ingin menjajal Android 13 Beta 2, perlu mendaftar program Beta terlebih dahulu.

Adapun update sistem operasinya akan tersedia seperti pembaruan OS pada umumnya yaitu secara over the air (OTA).

Ponsel lipat Oppo Find N yang dipamerkan di venue Inno Day di Jakarta hingga 30 Januari 2022KOMPAS.com/ OIK YUSUF Ponsel lipat Oppo Find N yang dipamerkan di venue Inno Day di Jakarta hingga 30 Januari 2022

Fitur Android 13 beta

Dalam pembaruan Android 13 Beta 2, Google menghadirkan fitur baru terkait keamanan, duku ngan video hingga hapus riwayat clipboard otomatis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.