BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Antilag, Berikut 3 Cara Atasi Gangguan Saat Bermain Mobile Game

Kompas.com - 16/05/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Di era digital yang serbacanggih seperti saat ini, hampir sebagian besar orang familier dengan kegiatan gaming. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, pria, hingga wanita, gemar bermain game, utamanya mobile game.

Demi merasakan keseruan bermain mobile game, gamer rela menyisihkan sejumlah uang untuk membeli kuota. Bahkan, tak sedikit dari mereka rela berlangganan internet jaringan wireless fidelity (WiFi) di rumah agar bisa main game dengan lebih efisien.

Namun, di balik keseruannya, sejumlah kendala kerap muncul dan membuat kesal gamer saat bermain mobile game, seperti ngelag, fitur gaming yang kurang memadai, dan baterai yang cepat habis.

Untuk meminimalisasi masalah tersebut, ada tiga cara yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

1. Mengaktifkan mode pengembang di ponsel 

Sebelum bermain mobile game, kamu perlu mengoptimalkan kinerja smartphone. Hal ini dilakukan agar game tidak ngelag atau tiba-tiba berhenti saat dimainkan.

Khusus smartphone bersistem operasi Android, kamu bisa mengoptimalkannya dengan mengaktifkan mode pengembang. Caranya, buka menu “Pengaturan” pada perangkat Android. Kemudian, pilih “Tentang Telepon”. Pada bagian ini terdapat nomor Build, lalu ketuk sebanyak tujuh kali pada bagian atasnya.

Selanjutnya, scroll atau gulir ke bawah dan cari opsi Force 4x MSAA. Kamu pun bisa mengaktifkan mode pengembangan. Setelah itu, lakukan reboot ponselmu.

2. Uninstall aplikasi yang tak diperlukan

Salah satu penyebab game terasa lemot saat dimainkan adalah smartphone terlalu banyak menyimpan aplikasi yang tak diperlukan.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat memenuhi memori internal, memakan banyak random access memory (RAM) karena bekerja pada latar belakang, serta mempercepat baterai habis. Alhasil, kinerja ponsel jadi melambat, termasuk ketika digunakan untuk gaming.

Sebagai contoh, aplikasi cuaca, antivirus, pembersih smartphone, dan pembersih RAM. Meski terlihat fungsional, aplikasi-aplikasi tersebut bisa menghambat kinerja aplikasi lain.

Oleh karena itu, pilih aplikasi yang benar-benar paling diperlukan dan uninstall aplikasi yang dianggap tak fungsional untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Dengan begitu, ruang penyimpanan menjadi lebih lapang sehingga smartphone dapat bekerja optimal.

Ilustrasi Oppo Reno 7 Z 5GDok. Oppo Indonesia Ilustrasi Oppo Reno 7 Z 5G

3. Nonaktifkan layanan latar belakang

Hal berikutnya yang bisa memperlambat kecepatan smartphone Android adalah layanan latar belakang (background task). Saat bekerja pada latar belakang, sejumlah aplikasi, seperti Facebook, WhatsApp, dan Twitter, juga memakan RAM sekalipun sedang tidak digunakan. Alhasil, ruang RAM menjadi penuh dan baterai cepat terkuras.

Agar kinerja smartphone tetap prima, kamu dapat menonaktifkan layanan latar belakang. Cara paling mudah untuk menonaktifkan adalah dengan melakukan force stop (menghentikan paksa) aplikasi yang berjalan melalui setelan atau setting pada smartphone.

Smartphone andal untuk gaming 

Selain melakukan langkah-langkah tersebut, kelancaran bermain game juga dipengaruhi oleh spesifikasi smartphone. Ponsel pintar dengan dapur pacu kelas menengah ke atas dapat menjalankan mobile game lebih lancar ketimbang smartphone kelas entry level.

Oleh karena itu, pilihlah smartphone yang sudah mendukung untuk bermain game, seperti Oppo Reno7 Z 5G. Ponsel pintar berteknologi 5G ini hadir dengan berbagai keunggulan dan fitur khusus yang dirancang untuk gamer. Tujuannya, untuk memberi pengalaman gaming yang nyaman, antilag, dan imersif.

Untuk memanjakan gamer, Oppo Reno7 Z 5G memiliki ragam fitur menarik. Pertama, Oppo Reno7 Z 5G dibenami chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G mengusung fabrikasi 6 nm. Chipset ini merupakan kunci agar performa smartphone tetap prima saat digunakan untuk gaming.

Sebagai perbandingan, Snapdragon 695 5G dengan fabrikasi 6 nm diklaim memiliki performa lebih kencang, tapi mengonsumsi daya lebih irit ketimbang Snapdragon 720G yang masih mengusung fabrikasi 8 nm.

Sebab, chipset Snapdragon 695 5G dibekali CPU Kryo 660 octa-core yang terdiri dari Cortex-A78 2,2 gigahertz (GHz) sebagai core performa dan Cortex-A55 1.8 GHz sebagai core hemat daya. Kombinasi keduanya membuat performa central processing unit (CPU) 15 persen lebih kencang.

Selain itu, Snapdragon 695 5G juga didukung GPU Adreno 619 yang menawarkan peningkatan performa grafis hingga 30 persen ketimbang pendahulunya.

Kedua, Oppo Reno7 Z 5G didukung teknologi jaringan 5G. Snapdragon 695 telah dibekali modem 5G yang mendukung jaringan 5G pada band N1, N3, N40.

Untuk membuktikan keandalannya, Oppo telah melakukan pengujian dengan tiga operator penyelenggara 5G di Indonesia. Hasil pengujian mendapati bahwa bermain game online di jaringan 5G memberi pengalaman yang berbeda karena koneksi internet yang stabil dan kencang.

Ilustrasi smartphone yang dilengkapi dengan fitur fast chargingDok. Oppo Ilustrasi smartphone yang dilengkapi dengan fitur fast charging

Ketiga, ponsel pintar terbaru tersebut disokong baterai berkapasitas 4.500 miliampere per hour (mAh) dengan teknologi fast charging 33W SuperVOOC. Ponsel ini juga dilengkapi manajemen daya dari sistem antarmuka ColorOS 12 yang dapat membuat konsumsi baterai lebih irit dengan performa yang tetap optimal.

Sementara itu, teknologi 33W SuperVOOC pada Oppo Reno7 Z 5G mempercepat pengisian daya, yakni 15 menit untuk charging hingga 31 persen dan 63 menit untuk 100 persen.

Keempat, perangkat tersebut ditopang Real HD Sound 3.0. Oppo menyadari bahwa keseruan bermain game tak hanya dari sisi visual, tetapi juga audio.

Dengan Real HD Sound 3.0, aktivitas bermain game jadi lebih seru dan terasa lebih nyata. Berkat fitur ini, Oppo Reno7 Z 5G secara otomatis mengoptimalkan audio sesuai aktivitas yang sedang dilakukan, termasuk ketika bermain game. Sementara, Smart Power Amplifier menjadikan audio yang dihasilkan lebih bertenaga.

Kelima, ColorOS 12 yang diadopsi Oppo Reno7 Z 5G dibekali artificial intelligence (AI) System Booster. Fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja CPU pada aplikasi yang sedang digunakan.

Ilustrasi Oppo Reno 7 Z 5GDok. Oppo Indonesia Ilustrasi Oppo Reno 7 Z 5G

Selain itu, AI System Booster juga secara otomatis akan menjaga smartphone selalu berjalan lancar, termasuk saat sedang bermain game.

Keenam, AI Frame Rate Stabilizer. Fitur ini mampu menghilangkan frame yang terhambat dan macet.

Untuk diketahui, AI Frame Rate Stabilizer saat ini baru tersedia di beberapa game populer, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, LOLM, COD Mobile, Genshin Impact, dan Subway Surfers.

Terakhir, fitur Quick Startup. Fitur ini memungkinkan game terbuka lebih cepat. Selain itu, Quick Startup secara cerdas dapat mengidentifikasi game yang sering dimainkan. Dengan begitu, pengguna tidak perlu menunggu lagi saat game sedang berjalan pada latar belakang.

Untuk menjajal keandalan Oppo Reno7 Z 5G dalam bermain game, kamu cukup merogoh kocek Rp 5,999.000. Smartphone ini dapat dibeli di jaringan Oppo Store dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia, baik offline maupun online.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno7 Z 5G, silakan kunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.