Kompas.com - 22/05/2022, 11:41 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Tim nasional (timnas) Indonesia cabang olahraga (cabor) e-sports nomor CrossFire menyumbang medali perunggu untuk Tanah Air di pesta olahraga SEA Games 2021.

Medali tersebut diperoleh lantaran mereka ditaklukkan timnas Filipina pada Match 5 dengan skor 3-0 dalam pertandingan lima game terbaik alias "Best of 5" (BO5), Minggu (22/5/2022).

Ini bukan pertama kalinya Indonesia bertemu dengan Filipina. Pada Match 3, Indonesia sudah lebih dulu bertemu Filipina dan Indonesia kalah dengan skor 2-0.

Indonesia kemudian turun ke lower bracket dan melawan Laos di Match 4. Menang dari Laos, Indonesia kembali menantang Filipina di Match 5.

Dari tiga game yang dipertandingkan di Match 5, tim Filipina bermain agresif. Seperti diketahui, dalam nomor CrossFire, tim dinyatakan memenangkan satu ronde permainan apabila mereka mendapatkan 10 poin lebih dulu.

Di game pertama, dominasi timnas Filipina sudah terlihat dan mereka berhasil mendapatkan 10 poin lebih dulu. Timnas Indonesia sendiri hanya mendapatkan 2 poin saja di game pertama, sehingga skor sementara menjadi 1-0.

Baca juga: Timnas Free Fire Indonesia Sumbang Medali Emas dan Perak SEA Games 2021

Di game kedua, tim Indonesia yang beranggotakan Derry Alviano, Evan Jordan, Gian Kurniadi, Jason Adrian, Riddho Putra Muharam, Samuel Santosa, dan Yudi Kurniawan tidak bisa membendung Filipina.

Tim Filipina mendapatkan 10 poin lebih dulu di game kedua, dan di sisi lain timnas Indonesia justru tidak diberikan poin sama sekali, sehingga skor sementara menjadi 2-0.

Game ketiga Indonesia vs Filipina di cabor e-sports CrossFire di SEA Games 2021.YouTube.com/CrossFire Vietnam Game ketiga Indonesia vs Filipina di cabor e-sports CrossFire di SEA Games 2021.
Pada game ketiga, permainan timnas Indonesia sebenarnya lebih baik dari dua game sebelumnya, lantaran mereka berhasil mendapatkan 6 poin.

Meski demikian, timnas Filipina berhasil mendapatkan 10 poin lebih dulu, dengan demikian Filipina berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0, dan melaju ke babak Grand Final melawan timnas Vietnam pada sore nanti.

Dengan hasil dari nomor CrossFire ini, tim Indonesia cabor e-sports berhasil menyumbang lima medali untuk Indonesia di SEA Games 2021, terdiri dari 1 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Baca juga: Epic Games Gelar Diskon Game PC hingga 75 Persen, Ini Daftar Game yang Layak Dibeli

Medali emas disumbang oleh nomor Free Fire, sedangkan medali perak diraih oleh nomor Free Fire, PUBG Mobile kategori individu (Solo), dan Mobile Legends. Adapun medali perunggu diperoleh oleh nomor CrossFire tadi.

Total medali ini lebih banyak dibanding perolehan medali Indonesia dari cabor e-sports SEA Games 2019 lalu. Kala itu, timnas Indonesia cabor e-sports hanya menyumbang 2 medali perak, masing-masing dari nomor Mobile Legends dan Arena of Valor (AoV).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber YouTube
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.