Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan XL dan Axis Dikeluhkan Gangguan Hari Ini

Kompas.com - 21/05/2022, 16:17 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan XL Axiata dan Axis dikeluhkan bermasalah pada hari ini, Sabtu (21/5/2022). Akibat gangguan ini, pelanggan XL Axiata dan Axis mengeluhkan tak bisa terhubung dan mengakses internet.

Menurut situs Downdetector, layanan XL Axiata terpantau mulai dilaporkan mengalami gangguan alias error pada Sabtu siang pukul 13.30 WIB. Laporan error terus berlanjut hingga pukul 15.00 WIB.

Sejumlah warganet juga ramai-ramai menyampaikan keluhan jaringan XL Axiata dan Axis bermasalah dengan me-mention akun Twitter layanan pelanggan XL Axiata (myXLCare) dan Axis (@ask_Axis).

Pantauan KompasTekno di Twitter, Sabtu petang, pelanggan XL dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Palembang, Batam, Aceh, Pekanbaru, Medan, Padang, hingga Depok, mengeluhkan bahwa jaringan XL Axiata "jelek" dan tak stabil.

Seperti yang dialami pengguna Twitter dengan handle @mevacios yang berbasis di Depok, misalnya. Ia mengeluhkan bahwa sinyal XL Axiata tak stabil, dari jaringan 4G+ tiba-tiba langsung turun ke Edge.

Gangguan jaringan tersebut akibatnya mengganggu zoom meeting yang sedang ia lakukan.

Mirip seperti @mevacios, pengguna Twitter dengan handle @Diraf_26 juga mengeluhkan sinyal XL tak stabil. Ia tak bisa internetan bila jaringan XL tak di jaringan 4G+.

Baca juga: 4 Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu XL agar Tidak Hangus

Berbeda cerita, pengguna Twitter lain bernama @arya_pradana mengeluhkan bahwa sebenarnya sinyal XL di ponselnya penuh (fullbar). Meski jaringan menunjukkan 4G+, ia tetap tidak bisa mengakses internet sama sekali. Padahal ia mengaku memiliki kuota data yang cukup.

Arya sudah mencoba untuk me-restart jaringan XL di ponselnya dengan menyalakan mode airplane mode. Namun, nihil. Jaringan XL miliknya tetap tak bisa digunakan untuk internetan.

Akibat gangguan jaringan ini, pelanggan XL lainnya juga mengeluhkan tak bisa mengkases WhatsApp, web browser, dan aplikasi myXL. Pelanggan Axis juga melaporkan hal serupa di Twitter.

KompasTekno sudah menghubungi pihak XL Axiata untuk mengonfirmasi soal gangguan jaringan XL Axiata dan Axis di sejumlah wilayah Indonesia, hari ini.

Pihak XL Axiata sudah merespons. Perwakilan XL Axiata mengatakan bahwa benar layanan mereka mengalami gangguan teknis di beberapa lokasi yang mengakibatkan sebagian kecil pelanggan mengalami ketidaknyamanan dalam mengakses layanan data.

"Saat ini, team teknis kami masih melakukan penanganan atas gangguan teknis tersebut, dan diharapkan jaringan akan segera normal kembali," ujar pihak XL Axiata, Sabtu sore.

Pihak XL Axiata juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi hari ini.

Baca juga: XL Bikin Program Tukar HP Lama dengan Paket Internet Seumur Hidup

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com