Kompas.com - 21/05/2022, 16:17 WIB

KOMPAS.com - Layanan XL Axiata dan Axis dikeluhkan bermasalah pada hari ini, Sabtu (21/5/2022). Akibat gangguan ini, pelanggan XL Axiata dan Axis mengeluhkan tak bisa terhubung dan mengakses internet.

Menurut situs Downdetector, layanan XL Axiata terpantau mulai dilaporkan mengalami gangguan alias error pada Sabtu siang pukul 13.30 WIB. Laporan error terus berlanjut hingga pukul 15.00 WIB.

Sejumlah warganet juga ramai-ramai menyampaikan keluhan jaringan XL Axiata dan Axis bermasalah dengan me-mention akun Twitter layanan pelanggan XL Axiata (myXLCare) dan Axis (@ask_Axis).

Pantauan KompasTekno di Twitter, Sabtu petang, pelanggan XL dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Palembang, Batam, Aceh, Pekanbaru, Medan, Padang, hingga Depok, mengeluhkan bahwa jaringan XL Axiata "jelek" dan tak stabil.

Seperti yang dialami pengguna Twitter dengan handle @mevacios yang berbasis di Depok, misalnya. Ia mengeluhkan bahwa sinyal XL Axiata tak stabil, dari jaringan 4G+ tiba-tiba langsung turun ke Edge.

Gangguan jaringan tersebut akibatnya mengganggu zoom meeting yang sedang ia lakukan.

Mirip seperti @mevacios, pengguna Twitter dengan handle @Diraf_26 juga mengeluhkan sinyal XL tak stabil. Ia tak bisa internetan bila jaringan XL tak di jaringan 4G+.

Baca juga: 4 Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu XL agar Tidak Hangus

Berbeda cerita, pengguna Twitter lain bernama @arya_pradana mengeluhkan bahwa sebenarnya sinyal XL di ponselnya penuh (fullbar). Meski jaringan menunjukkan 4G+, ia tetap tidak bisa mengakses internet sama sekali. Padahal ia mengaku memiliki kuota data yang cukup.

Arya sudah mencoba untuk me-restart jaringan XL di ponselnya dengan menyalakan mode airplane mode. Namun, nihil. Jaringan XL miliknya tetap tak bisa digunakan untuk internetan.

Akibat gangguan jaringan ini, pelanggan XL lainnya juga mengeluhkan tak bisa mengkases WhatsApp, web browser, dan aplikasi myXL. Pelanggan Axis juga melaporkan hal serupa di Twitter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.