Kompas.com - 27/05/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Samsung menjadi salah satu pabrikan ponsel yang ikut mempopulerkan tren ponsel layar lipat secara komersil. Setidaknya sudah ada tiga generasi ponsel lipat yang ditelurkan lewat seri Galaxy Z.

Bisa dikatakan, Galaxy Z seri merupakan salah satu gadget mutakhir saat ini. Namun, di balik kecanggihannya, ada tantangan besar yang dihadapi Samsung saat mengembangkan smartphone layar lipat, yakni dari aspek ketahanan atau durability.

Sebagai perangkat yang mengusung inovasi layar lipat, Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip series memiliki struktur yang berbeda dari kebanyakan smartphone pada umumnya. Oleh sebab itu, Samsung memyematkan beberapa teknologi untuk meningkatkan durability, terutama di generasi terbaru ponsel lipatnya, Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3.

Baca juga: Harga Ganti Layar Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 di Indonesia

Pelindung anti-air

Untuk dapat membuat layar bisa dibuka dan ditutup, pabrikan asal Korea Selatan ini menggunakan engsel khusus yang membutuhkan celah untuk dapat dioperasikan.

Celah inilah yang menjadi salah satu sumber permasalahan lantaran dapat berpotensi disusupi oleh air dan debu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Samsung telah memperkenalkan fitur water resistance pada Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3.

Head of MX Business Samsung Southeast Asia & Oceania, Carl Nordenberg menjelaskan kemampuan ini dapat membuat kedua ponsel lipat itu menjadi tahan air.

Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 juga telah mengantongi sertifikasi IPX8, sehingga keduanya dapat bertahan selama 30 menit di air tawar pada kedalaman hingga 1,5 meter.

Kemampuan water resistance dapat terwujud lantaran adanya beberapa penyesuaian yang dilakukan Samsung pada komponen di dalam perangkat.

Baca juga: Ini Dia Stylus S Pen untuk Samsung Galaxy Z Fold 3, Harganya?

Pelumas engsel dan perekat khusus

Samsung juga turut memberikan pelumas khusus pada engsel Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3. Pelumas ini berfungsi untuk melindungi komponen hardware dari air.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.