Kompas.com - 07/06/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Dalam pagelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022, Apple resmi mengenalkan salah satu produk laptop baru, yakni Macbook Air yang telah ditenagai chip teranyar M2.

Dengan diumumkannya Macbook Air M2 atau Macbook Air 2022, M2 resmi menjadi penerus dari seri chip buatan Apple sebelumnya, yakni M1. Mengiringi pengumuman Macbook Air terbaru itu, beberapa klaim peningkatan performa pada chip M2 pun disebutkan Apple.

Baca juga: Ini Dia Keunggulan Chip Apple M2 yang Ada di MacBook Terbaru

Dikutip dari laman resmi Apple, M2 dibangun menggunakan teknologi fabrikasi 5 nm generasi kedua dan memiliki konfigurasi CPU 8 core, serta GPU dengan core yang lebih banyak dibanding M1, yakni hingga 10 core.

Dengan konfigurasi tersebut, M2 memiliki sejumlah peningkatan performa dari M1. M2 diklaim memiliki pemrosesan CPU 18 persen lebih cepat dari M1. Pemrosesan GPU 35 persen lebih kuat dan pemrosesan Neural Engine 40 persen lebih cepat dari M1

Selain mengenalkan chip M2, yang tak kalah menarik dari pengumuman Macbook Air M2 atau Macbook Air 2022 adalah penggunaan teknologi pengisian daya khas Apple untuk produk laptopnya, yakni Magsafe.

Macbook Air M2 bawa balik Magsafe lagi

Macbook Air M2 dikenalkan dengan membawa balik pemakaian Magsafe, yang sebenarnya telah ditinggalkan Apple sejak sekitar empat tahun lalu. Apple sendiri telah mengusung teknologi pengisian daya USB Tipe C pada Macbook Air mulai seri 2018.

Sejak kehadiran Macbook Air 2018 hingga Macbook Air 2021, Apple konsisten menggunakan konektor USB Tipe C untuk pengisian daya, alih-alih konektor magnet pin dari Magsafe.

Perlu diketahui, Magsafe sendiri merupakan perangkat pengisian daya khas buatan Apple untuk produk laptopnya. Untuk konfigurasinya, Magsafe terdiri dari konektor yang berisi lima pin dengan dikelilingi magnet, sehingga dapat menancap kuat saat dihubungkan ke port.

Magsafe mengawali debutnya sebagai pengisi daya Macbook pada sekitar tahun 2006. Hingga sekitar 2015, Apple akhirnya mulai menggantikan Magsafe dengan kabel pengisian daya universal USB Tipe C.

Kabel USB Tipe C digunakan Apple untuk pertama kali pada Macbook Retina 12 Inci keluaran 2015 dan berlanjut di tahun berikutnya. Secara serempak, semua seri laptop Apple mulai menggunakan USB Tipe C pada 2018, termasuk Macbook Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber apple.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.