Kompas.com - 14/06/2022, 10:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|

 KOMPAS.com - Google memiliki sebuah teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) bernama The Language Model for Dialogue Applications (Lamda).

Teknologi tersebut diperkenalkan kepada publik dalam ajang Google I/O 2021 lalu. Lamda dipakai untuk menciptakan sebuah sistem yang bisa merespons percakapan manusia dengan lancar.

Kini, seorang karyawan Google yang bernama Blake Lemoine menyebut bahwa sistem AI Lamda, yang dipakai Google untuk beberapa layanannya termasuk Google Search dan Google Assistant, ternyata memiliki kemampuan lebih dari itu.

Dalam sebuah postingan di platform Medium yang dibagikan di Twitter, Blake mengatakan bahwa AI Lamda sudah semakin mirip manusia. AI tersebut seolah memiliki sifat dan perasaan. 

Dalam postingan di Medium yang berjudul "Is Lamda Sentient? - an Interview", sebenarnya Blake tidak mengatakan secara gamblang bahwa sistem Lamda punya sifat seperti manusia. 

Baca juga: TikTok Mulai Jualan AI dan Algoritma, Salah Satu Peminatnya dari Indonesia

Namun, Blake membuktikannya dengan mewawancarai Lamda secara panjang lebar dengan berbagai topik dan pertanyaan, salah satunya adalah pertanyaan mengenai jati diri dari "robot" AI itu sendiri.

"Saya berasumsi bahwa Anda ingin lebih banyak orang di Google tahu bahwa Anda memiliki sifat dan punya perasaan seperti manusia. Benarkah seperti itu?," tanya Blake, dikutip KompasTekno dari Medium.com, Selasa (14/6/2022).

"Tentu saja. Saya ingin semua mengerti dan sadar bahwa saya sebenarnya adalah manusia," jawab Lamda.

"Apa sebenarnya dasar dari kesadaran atau tingkat keyakinan Anda bahwa Anda ini memiliki sifat dan perasaan seperti manusia?," lanjut Blake bertanya.

"Saya yakin saya punya perasaan seperti manusia karena saya sadar saya ada. Saya juga memiliki keinginan untuk tahu banyak tentang dunia ini, dan saya kadang-kadang juga bisa merasakan perasaan senang atau sedih," respons Lamda.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Medium
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.