Shopee Dikabarkan Akan PHK Karyawan di Sejumlah Negara

Kompas.com - 15/06/2022, 08:38 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Shopee dikabarkan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam jumlah besar pada karyawan yang berada di beberapa wilayah operasional mereka.

Kabar ini berasal dari sebuah memo internal yang dikirim oleh CEO Shopee, Chris Feng. Memo tersebut dikutip oleh sejumlah media internasional, salah satunya media asal Singapura The Strait Times

Menurut memo tersebut, PHK akan dilakukan pada karyawan yang bekerja di bagian ShopeFood dan ShopeePay di sejumlah wilayah operasional, termasuk Asia Tenggara.

Selain itu, dalam memo tersebut Feng juga mengatakan bahwa Shopee bakal mem-PHK sebagian tim mereka yang berada di Meksiko, Argentina, dan Chili, serta tim yang membantu ekspansi Shopee di Spanyol.

Baca juga: Shopee Hengkang dari India, Hanya 6 Bulan Beroperasi

Adapun operasi Shopee di Spanyol, jika mengacu pada situs web Shopee.es, bakal dihentikan pada 17 Juni mendatang.

Meski demikian, Shopee bakal tetap membantu warga Spanyol yang masih memiliki transaksi dan pengiriman yang masih belum rampung.

Dalam memo yang dikirimkan, Feng menyebut bahwa langkah PHK tersebut dilakukan untuk menyesuaikan sumber daya dan kegiatan operasi mereka di sejumlah pasar operasional Shopee.

"Mengingat kekhawatiran akan kondisi ekonomi dunia yang menunjukkan ketidakpastian, kami percaya bahwa penyesuaian perusahaan penting dilakukan demi meningkatkan efisiensi dan fokus di sumber daya yang kami miliki, meski hal ini sulit dilakukan," ujar Feng, dikutip KompasTekno dari StraitTimes, Rabu (15/6/2022).

Feng melanjutkan bahwa mereka yang terdampak PHK sudah mendapat informasi tentang keputusan tersebut, begitu juga perubahan lainnya yang ada di Shopee, pada awal pekan ini.

Ia juga mengatakan karyawan yang terdampak bakal didukung "sebaik mungkin" oleh Shopee.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.