BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Rahasia Oppo Find X5 Pro 5G Bisa Rekam Video Malam Superjernih Beresolusi 4K

Kompas.com - 20/06/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.comOppo Find X5 Pro 5G resmi diluncurkan di Indonesia, Kamis (2/6/2022). Flagship terbaru besutan Oppo ini menjadi suksesor pendahulunya, Oppo Find X3 Pro, yang diperkenalkan pada 2021.

Selayaknya smartphone kelas atas, Oppo Find X5 Pro 5G dibekali sejumlah pembaruan serta inovasi, khususnya pada aspek fotografi dan videografi.

Hal itu mengingat, pengguna kini meminati smartphone yang memudahkan dalam pembuatan konten foto ataupun video.

Chief Executive Officer Oppo Indonesia Jim Zhang mengatakan, inovasi yang dibenamkan pada Oppo Find X5 Pro 5G telah dites ratusan kali untuk memastikan kualitas serta ketahanannya.

“(Dengan begitu), Oppo Find X5 Pro 5G dapat menetapkan standar baru dalam smartphone melalui berbagai fitur unggulan yang tidak ditemui pada smartphone lain,” ujar Zhang pada acara peluncuran.

OPPO Find X5 Pro 5G dengan warna Glaze Black.Dok. Oppo OPPO Find X5 Pro 5G dengan warna Glaze Black.

Untuk menyokong kemampuan videografi, misalnya, Oppo telah melengkapi flagship terbarunya dengan fitur 4K AI Night Video. Adapun Oppo Find X5 Pro 5G merupakan smartphone pertama yang memiliki fitur itu.

Baca juga: Mengenal MariSilicon X di Oppo Find X5 Pro 5G, Chipset yang Tawarkan Era Baru Fotografi dan Videografi Malam

Fitur tersebut mampu menghasilkan video beresolusi 4K dengan 60 frame per seconds (fps) seolah terdiri dari foto-foto yang diambil menggunakan mode malam. Hasilnya terlihat jernih dan terang di setiap pencahayaan, meski dalam resolusi dan fps tinggi.

Tak sekadar jernih dan kaya warna, hasil video yang didapat juga stabil berkat fitur AI Highlight Video dan Ultra Steady Pro.

Rahasia performa apik videografi Oppo Find X5 Pro 5G

Kemampuan videografi tersebut didapat dari perpaduan hardware dan software yang mumpuni. Oppo Find X5 Pro 5G dibekali dua sensor Sony IMX766 50 megapiksel (MP). Ditambah MariSilicon X, artificial intelligence (AI) yang telah ditingkatkan, dan kedalaman warna 20-bit RAW Plus Dynamic Range hingga 120db, dua sensor kamera itu bisa bekerja lebih baik.

MariSilicon X pada OPPO Find X5 Pro 5G membantu menjaga kualitas piksel dan detail skin tone pada foto.Dok. Oppo MariSilicon X pada OPPO Find X5 Pro 5G membantu menjaga kualitas piksel dan detail skin tone pada foto.

MariSilicon X sendiri adalah prosesor gambar atau neural processing unit (NPU) berarsitektur 6 nanometer (nm) hasil kerja sama Oppo dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Prosesor gambar ini berfungsi untuk mengolah gambar dan video yang ditangkap lensa kamera pada Oppo Find X5 Pro 5G.

Dengan dibekali algoritma berbasis artificial intelligence noise reduction (AINR), MariSilicon X dapat menjaga kualitas piksel dan detail skin tone pada foto yang diambil sehingga warna foto terlihat lebih halus dan akurat.

Baca juga: Bak Sihir, Begini Hasil Foto Bidikan Pemeran Newton Scamander Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Selain itu, NPU tersebut juga mampu mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap gambar yang diambil. Berkat chipset gambar ini, perekaman video Oppo Find X5 Pro 5G memiliki performa 20 kali lebih baik ketimbang Oppo Find X3 Pro.

Tak sekadar menghasilkan kinerja fotografi dan videografi apik, MariSilicon X juga punya kemampuan pemrosesan yang cepat dan hemat daya.

MariSilicon X memiliki subsistem memori khusus dengan bandwidth sampai 8,5 gigabyte per second (Gbps). Dengan demikian, NPU ini mampu melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS).

hasil jepretan OPPO Find X5 Pro 5G.Dok. Oppo hasil jepretan OPPO Find X5 Pro 5G.

Pemrosesan tersebut juga disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt (w). Singkatnya, MariSilicon X dapat menghasilkan kinerja cepat tanpa menguras daya baterai.

NPU itu pun didukung dengan sensor red, green, blue, white (RGBW). Dukungan ini juga membuat Oppo Find X5 Pro 5G mampu melakukan separasi sekaligus menggabungkan informasi RGB serta sinyal dari warna putih.

Dapur pacu cepat

Tidak hanya canggih dari segi kamera dan pemrosesan gambar, Oppo Find X5 Pro 5G juga memiliki performa jempolan karena dilengkapi dengan system on chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 1 dan dukungan random access memory (RAM) 12 gigabita (GB) serta penyimpanan internal (ROM) 256 GB.

Sebagai informasi, Snapdragon 8 Gen 1 dibuat dengan fabrikasi 4 nm dan arsitektur Armv9 yang terdiri dari tiga klaster prosesor.

Pada klaster pertama, chipset tersebut dipadukan dengan Cortex-X2 berkecepatan clock 3,0 gigahertz (GHz). Untuk klaster kedua, terdapat tiga core Cortex-A710 berkecepatan 2,5 GHz. Sementara pada klaster ketiga, Qualcomm menyematkan empat core Cortex A510 berkecepatan 1,8 GHz.

Chipset itu membuat Oppo Find X5 Pro 5G dapat menjalankan banyak fitur, mulai dari koneksi 5G, fingerprint, AI, game, Wi-Fi 6, hingga Bluetooth 5.2.

OPPO Find X5 Pro 5G.Dok. Oppo OPPO Find X5 Pro 5G.

Kinerja CPU tersebut juga didukung dengan pengolahan grafis GPU Adreno 730 yang mampu mempertahankan efisien daya hingga 25 persen ketimbang generasi sebelumnya.

Adapun berdasarkan pengujian AnTuTu, chipset penerus Snapdragon 888 tersebut memiliki skor sebesar 1.035.020.

Baca juga: Oppo Find X5 Pro Resmi Meluncur dengan Prosesor Gambar MariSilicon X

Dengan dukungan kemampuan fotografi dan dapur pacu mumpuni, plus baterai berkapasitas 5.000 miliampere per hour (mAh) yang didukung fitur pengisian daya cepat 80 w SuperVOOC serta pengisian tanpa kabel 50 w AirVOOC, tak heran Zhang menyebut Oppo Find X5 Pro 5G sebagai peletak standar baru pada kelas flagship, khususnya fotografi dan videografi.

Untuk diketahui, Oppo Find X5 Pro 5G dibanderol dengan harga Rp 14,999,000. Adapun pilihan warna yang ditawarkan adalah Ceramic White dan Glaze Black.

Informasi lebih lanjut mengenai Oppo Find X5 Pro 5G, silakan kunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.