Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meta, Microsoft, Epic Games dkk Bersatu Bentuk Badan Metaverse

Kompas.com - 24/06/2022, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan teknologi di dunia kompak membentuk badan metaverse bernama Metaverse Standars Forum. Badan ini nantinya akan membuat standar agar para perusahaan teknologi dapat bersinergi membangun metaverse secara terbuka.

Beberapa waktu belakangan ini sejumlah perusahaan teknologi membuat "metaverse" versi mereka sendiri. Sayangnya belum ada standar yang jelas dalam membangun metaverse.

Metaverse Standards Forum akan menjadi badan atau organisasi yang membuat standar tersebut. Sehingga bisa menjadi acuan bagi perusahaan teknologi untuk membuat sistem atau komponen.

Forum tersebut juga bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi antara berbagai organisasi dan perusahaan untuk mewujudkan "interoperabilitas" dalam metaverse.

Interoperabilitas sendiri merupakan kemamapuan dari sistem atau komponen untuk bertukar data dan informasi.

Sejumlah perusahaan yang tergabung dalam badan ini adalah Meta, Microsoft, Nvidia, Qualcomm, Epic Games, Adobe, hingga Sony.

Baca juga: Bisnis Metaverse Induk Facebook Rugi Rp 42 Triliun

Berdasarkan pengumuman dalam blog “Metaverse Standards Forum”, secara keseluruhan ada 38 perusahaan telah bergabung yang berasal dari beragam sektor, mulai dari perusahaan semikonduktor, perusahaan game, dll.

Nantinya, badan ini akan fokus pada sejumlah proyek, salah satunya hackathon (sebuah lomba pemograman yang dilakukan selama beberapa hari).

Mereka juga akan fokus pada berbagai aset 3D yang interaktif, transaksi keuangan, hingga  augmented reality (AR) ataupun virtual reality (VR).

“Layaknya internet, metaverse akan menjadi sistem yang saling berhubungan melampaui batas negara, sehingga diperlukan standar, aturan, pedoman publik dan swasta untuk memungkinkan adanya operasi lintas yurisdiksi,” jelas President of Global Affairs Meta, Nick Clegg, seperti yang dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (24/6/2022).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.