Samsung Didenda Rp 207 Miliar gara-gara Iklan Fitur Tahan Air

Kompas.com - 27/06/2022, 15:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada 2019 lalu, Samsung Australia mendapat gugatan dari Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) gara-gara iklan anti air yang dianggap menyesatkan.

Dalam iklan tersebut, Samsung seolah memperlihatkan bahwa ponsel Galaxy S dan A yang memiliki fitur tahan air, bisa diajak "berenang" di semua jenis air, termasuk kolam renang dan pantai.

Dalam gugatannya pada 2019 lalu, ACCC mengatakan bahwa sertifikat rating IP68 yang melekat di beberapa ponsel Samsung, hanya akan aman di air biasa, bukan cairan bersenyawa kimia kuat.

Kini, pengadilan menyimpulkan bahwa iklan tersebut dapat menyesatkan konsumen dan mengabulkan gugatan ACCC. Samsung Australia kini dijatuhi denda sebesar 14 juta dollar Australia atau sekitar Rp 207 miliar.

Baca juga: Samsung Bikin Sensor 200 MP dengan Piksel Terkecil di Industri

Denda yang harus dibayar Samsung tersebut diumumkan langsung oleh ACCC melalui blog resmi mereka.

Menurut ACCC, tuntutan ini melibatkan sembilan iklan anti air Samsung di Australia yang dipromosikan antara Maret 2016 - Oktober 2018. Iklan-iklan tersebut diklaim disebar di media sosial, situs web resmi, dan sejumlah toko fisik Samsung.

Adapun perangkat yang digunakan untuk mempromosikan fitur anti air kala itu adalah perangkat yang sudah memiliki sertifikat tahan air dengan rating IP68, mencakup Galaxy S7, S7 Edge, A5 (2017), A7 (2017), S8, S8 Plus, dan Note 8.

Tidak semua air aman

ACCC melanjutkan, selain menampilkan perangkat-perangkat Galaxy yang sudah disebutkan di atas, iklan-iklan ini turut menampilkan sejumlah orang yang menggunakan ponsel mereka untuk kegiatan yang melibatkan air seperti berenang atau selfie di kolam renang atau di air laut.

Inilah yang dipermasalahkan oleh ACCC. Sebab menurut mereka, Samsung terkesan ingin konsumen percaya bahwa ponsel-ponsel seri Galaxy mereka benar-benar tahan dari segala air, terlepas dari penjelasan bahwa air berbahan kimia bisa berbahaya bagi ponsel.

Padahal, sudah menjadi rahasia umum bahwa air merupakan "musuh abadi" dari berbagai barang elektronik, terlebih air yang memiliki bahan kimia atau air garam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber ACCC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.