Shutdown atau Sleep, Mana yang Sebaiknya Dipilih untuk Matikan Laptop?

Kompas.com - 27/06/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Saat mematikan atau menonaktifkan laptop, umumnya Anda bakal disajikan dengan dua opsi, yakni mematikan laptop dengan mode Shutdown atau mode Sleep. Dua mode itu punya fungsi yang hampir sama dalam mematikan laptop.

Saat Anda memilih mode Shutdown atau Sleep, biasanya cahaya pada layar dan lampu LED di keyboard bakal meredup gelap sebagai pertanda laptop telah mati atau nonaktif.

Baca juga: 5 Cara Cek Kecepatan WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah

Persamaan inilah yang mungkin membuat sebagian dari Anda belum terlalu mengindahkan antara memilih mode Shutdown atau Sleep ketika mematikan laptop. Padahal, kedua mode tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Perlu diketahui, kendati punya fungsi yang hampir sama, sebenarnya terdapat perbedaan antara Shutdown dan Sleep. Kedua mode itu punya cara kerja atau mekanisme yang berbeda dalam mematikan laptop.

Lewat perbedaan Shutdown dan Sleep itulah dapat diketahui cara mematikan laptop yang benar. Untuk itu, simak perbedaan Shutdown dan Sleep yang tertera di bawah ini terlebih dahulu.

Perbedaan Shutdown dan Sleep

Shutdown

Mode Shutdown bekerja dengan cara mematikan laptop secara penuh. Saat dimatikan dengan mode ini, laptop benar-benar dalam kondisi nonaktif dan hampir tidak membutuhkan konsumsi daya sama sekali.

Memilih opsi Shutdown di laptop juga berarti mematikan seluruh pengoperasian dari software dan hardware. Aplikasi dan sistem operasi akan sepenuhnya berhenti bekerja ketika Anda memilih mode Shutdown di laptop.

Begitu pula dengan kerja dari RAM, Hard Drive, audio, dan sebagainya, yang bakal dimatikan secara penuh saat mode Shutdown dipilih. Cara kerja seperti itu berimplikasi pada proses menyalakan atau boot-up laptop.

Laptop yang mati dalam mode Shutdown membutuhkan waktu beberapa menit untuk bisa beroperasi ketika kembali dinyalakan. Ini dikarenakan laptop perlu memuat atau mengaktifkan kembali fungsi software dan hardware dari awal.

Sleep

Bila mode Shutdown itu mematikan laptop secara penuh, lantas apa yang terjadi ketika laptop di-Sleep? Saat mode Sleep dipilih, fungsi laptop tidak sepenuhnya mati, masih terdapat beberapa perangkat yang bekerja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.