Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tampilan Game Lawas "GTA III" jika Digarap dengan Unreal Engine 5

Kompas.com - 28/06/2022, 09:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Gamer

KOMPAS.com - Grand Theft Auto III (GTA III) merupakan game action-adventure yang dikembangkan oleh Rockstar Games dan dirilis pada Oktober 2001 silam.

Game yang dirilis untuk konsol PlayStation 2, PC, dan Xbox ini menarik perhatian para penggemar seri GTA. Kala itu, GTA III membawa perubahan grafis yang sangat signifikan, jika dibandingkan dengan GTA 2 dan GTA pertama.

GTA III juga tampil kembali sebagai salah satu seri GTA yang dijual dalam GTA: The Trilogy - Definitive Edition, untuk konsol generasi terbaru seperti PS4 dan PS5. Game ini hadir bersama GTA Vice City dan GTA San Andreas.

GTA The Trilogy sendiri menghadirkan kembali tiga seri game GTA lawas dengan kualitas visual yang telah ditingkatkan.

Baca juga: Sony Pangkas Harga Game PS4 dan PS5 hingga 80 Persen, Ini Daftar Game yang Menarik

Meski demikian, GTA The Trilogy masih belum berhasil memuaskan para penggemar. Hal ini tercermin dari rendahnya skor yang diraih pada situs ulasan Metacritic.

Menariknya, baru-baru ini terdapat sebuah video yang beredar di media sosial memperlihatkan game lawas GTA III dengan tampilan yang jauh lebih ciamik dari versi original maupun versi GTA The Trilogy.

Video berdurasi dua menit dan 17 detik ini dibagikan oleh kanal YouTube TeaserPlay dengan judul GTA III Remake - Unreal Engine 5 Amazing Showcase | Concept Trailer.

Sesuai dengan judulnya, ini menampilkan cuplikan game GTA III yang digarap menggunakan Unreal Engine 5.

Unreal Engine 5 sendiri adalah "mesin" game buatan Epic Games yang dibekali dengan berbagai teknologi anyar untuk meningkatkan tampilan visual dan kualitas grafis tiga dimensi (3D) sebuah game, supaya terlihat lebih realistis.

Dalam video tersebut, GTA III terlihat memiliki kualitas visual atau tampilan grafis tiga dimensi (3D) yang semakin terlihat nyata.

Cuplikan game GTA III yang digarap menggunakan mesin Unreal Engine 5.YouTube/TeaserPlay Cuplikan game GTA III yang digarap menggunakan mesin Unreal Engine 5.
Claude, karakter dari game GTA III, turut ditampilkan dalam video ini.

Di kolom deskripsi, TeaserPlay menjelaskan bahwa cuplikan video GTA III bikinannya juga menggunakan teknologi bernama "Lumen" yang dapat membuat pencahayaan di dalam game terlihat lebih nyata.

Baca juga: Sama-sama Game Open World, Ini Bedanya Game Tower of Fantasy dan Genshin Impact

Di luar dari peningkatan grafis, video GTA III hasil bikinan TeaserPlay tampak masih mempertahankan unsur khas di game GTA.

Terlihat dari posisi mini-map yang masih diletakkan di pojok kiri bawah layar, begitu pula ikon yang menunjukkan uang, jenis senjata yang digunakan, serta indikator HP dan Shield.

Selain GTA III, TeaserPlay juga mengunggah beragam jenis video lain yang menunjukkan bagaimana nampak game AAA apabila digarap menggunakan Unreal Engine 5.

Dihimpun KompasTekno dari The Gamer, Selasa (28/6/2022), beberapa judul game tersebut mencakup Silent Hill Remake, The Witcher 4, Resident Evil 4, dan masih banyak lagi.

Anda yang ingin melihat GTA III dalam versi Unreal Engine, bisa menyaksikan melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Gamer


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com