Tombol “Caption” Hadir di Video Twitter

Kompas.com - 25/06/2022, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Tombol closed caption (CC), keterangan audio dalam bentuk teks, dalam video yang diunggah di Twitter kini hadir untuk pengguna Android dan iOS.

Kehadiran tombol CC ini diumumkan oleh Twitter melalui akun resminya, Jumat (24/6/2022).

“Pilihan ada di tangan Anda: tombol closed caption kini tersedia untuk semua (pengguna) iOS ataupun Android,” tulis Twitter melalui cuitannya.

Pada dasarnya, tombol “caption” yang baru ini ditujukan agar pengguna Twitter bisa lebih leluasa dan bebas memilih apakah akan memunculkan/mematikan subtitle atau keterangan audio dalam bentuk teks.

Baca juga: Cara Membuat Caption Otomatis di TikTok

Fungsi caption ini memungkinkan pengguna untuk melihat dialog video dalam bentuk teks secara otomatis, menampilkan informasi interpretatif dari audio dalam video, suara latar belakang, deskripsi musik, hingga bunyi audio yang lainnya.

Kendati demikian, tombol ini tidak akan selalu muncul di seluruh konten video. Hal ini dikarenakan tombol CC yang tersedia bukanlah fitur yang menyediakan caption secara otomatis.

Pembuat konten video harus terlebih dahulu membuatkan caption untuk video-nya. Setelah itu, tombol CC baru dapat muncul dan digunakan oleh penonton konten.

Baca juga: Video di Twitter Kini Dilengkapi dengan Caption Otomatis

“Tombol itu hanya akan muncul di video dengan teks (CC) yang sudah tersedia, dan tidak terikat dengan sistem teks otomatis,” jelas juru bicara Shaokyi Amdo, dikutip KompasTekno dari The Verge, Sabtu (25/6/2022).

Kreator video di Twitter dapat menambahkan caption dengan mengunggah file caption dengan format .SRT melalui Media Studio library.

Oleh karena itu, diharapkan para kreator video ke depannya bisa menambahkan caption ke dalam videonya. Agar memudahkan pengguna untuk menonton video, bila sedang dalam keadaan tidak bisa menggunakan suara.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.