Uji Coba Mulai 1 Juli, Ini Link dan Cara Daftar MyPertamina Secara Online buat Beli Pertalite atau Solar

Kompas.com - 28/06/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Sistem pembelian BBM bersubsidi untuk jenis Pertalite dan Solar dengan menggunakan platform MyPertamina bakal segera digelar. Mulai 1 Juli mendatang, pemerintah dan Pertamina akan menggelar masa uji coba tahap 1.

Saat masa uji coba tahap awal berjalan, masyarakat yang hendak membeli BBM bersubsidi di SPBU Pertamina dalam beberapa wilayah tertentu, wajib melakukan pendaftaran data diri pada MyPertamina terlebih dahulu.

Baca juga: Apa Itu MyPertamina yang Bakal Dipakai buat Beli Pertalite dan Solar?

Adapun beberapa wilayah pelaksanaan uji coba tahap 1 pembelian Solar dan Pertalite dengan MyPertamina, terdiri dari kota/kabupaten besar yang berada di lima provinsi sebagai berikut:

  1. Kota Bukit Tinggi
  2. Kab. Agam
  3. Kota Padang Panjang
  4. Kab. Tanah Datar
  5. Kota Banjarmasin
  6. Kota Bandung
  7. Kota Tasikmalaya
  8. Kab. Ciamis
  9. Kota Manado
  10. Kota Yogyakarta
  11. Kota Sukabumi

Dalam masa uji coba awal, sistem pembelian Solar dan Pertalite dengan MyPertamina masih terbatas diterapkan hanya untuk masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat (mobil).

Perlu diketahui, MyPertamina merupakan platform transaksi digital yang dikelola Pertamina untuk melayani pembelian BBM di SPBU secara cashless. Dulu, platform ini hanya tersedia dalam format aplikasi ponsel.

Berbarengan dengan adanya perubahan sistem pembelian BBM bersubsidi, MyPertamina kini juga tersedia dalam versi situs web yang bernama “subsiditepat.mypertamina.id”.

Lewat “subsiditepat.mypertamina.id”, masyarakat dengan kriteria tertentu nanti bisa melakukan pendaftaran MyPertamina untuk membeli Solar atau Pertalite, tanpa harus repot mengunduh aplikasinya.

Baca juga: Apa Itu Kebijakan PSE yang Bikin Google, Facebook, WhatsApp dkk Terancam Diblokir di Indonesia?

Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014, kriteria kelompok masyarakat yang bisa membeli BBM bersubsidi antara lain seperti masyarakat dengan kendaraan pribadi, kendaraan umum pelat kuning, kendaraan layanan umum, dan lainnya.

Pendaftaran MyPertamina sendiri memiliki fungsi untuk menyelaraskan data kendaraan agar sesuai dengan peraturan itu, sehingga distribusi BBM bersubsidi bisa tepat sasaran ke kelompok yang membutuhkan.

Saat melakukan pendaftaran MyPertamina, masyarakat bakal diminta untuk mengisi data kendaraan miliknya. Selanjutnya, data tersebut akan diverifikasi untuk menentukan apakah pemilik kendaraan itu berhak atau tidak untuk membeli BBM bersubsidi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.