Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Berbicara, Flagship Android Belum Bisa Patahkan Dominasi iPhone

Kompas.com - 29/06/2022, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone Android masih belum bisa mengalahkan dominasi iPhone di pasar ponsel flagship. Hal ini terlihat dari laporan terbaru lembaga riset Counterpoint.

Laporan Counterpoint mengatakan bahwa pada kuartal-I 2022 ini, volume penjualan ponsel flagship yang dibanderol dengan harga 400 dollar AS atau setara Rp 5,9 juta ke atas, menurun 8 persen dari periode yang sama 2021 lalu.

Sementara secara keseluruhan, pasar smartphone di dunia tengah turun 10 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Pada kuartal-I 2022 ini, Apple masih mendominasi pasar ponsel kelas flagship dengan jajaran iPhone miliknya. Di peringkat satu hingga empat, iPhone menjadi ponsel dengan jumlah penjualan yang terbesar.

Baca juga: Mengapa Desain Smartphone Kini Tampak Hampir Mirip Semua?

Peringkat pertama diduduki iPhone 13 dengan pangsa sebesar 23 persen. Kemudian diikuti iPhone 13 Pro Max dengna pangsa 13 persen, iPhone 13 Pro dengan pangsa 9 persen, dan iPhone 12 dengan pangsa 8 persen.

Satu-satunya smartphone flagship Android yang masuk lima besar adalah Samsung Galaxy S22 Ultra 5G yang meraup pangsa 3 persen dari total keseluruhan. Meski demikian, Counterpoint tidak merinci berapa jumlah ponsel yang terjual.

Model Pangsa pasar
iPhone 13 23 persen
iPhone 13 Pro Max 13 persen
iPhone 13 Pro 9 persen
iPhone 12 8 persen
Samsung Galaxy S22 Ultra 5G 3 persen

Secara keseluruhan, total pangsa Apple di pasar smartphone flagship juga masih elum terkejar vendor lain pada kuartal-I 2022 (Q1 2022) ini.

Apple memiliki pangsa 62 persen, berada jauh di atas kompetitornya yakni Samsung dengan pangsa 16 persen.

Pangsa pasar yang dimiliki Apple juga meningkat dari tahun lalu pada periode yang sama (Q1 2021). Ketika itu Apple menguasai 57 persen pasar ponsel flagship.

Berbeda dengan Apple, Samsung justru sedikit "terpeleset". Pangsa pasar di awal kuartal pertama 2022 ini menurun dua persen dari tahun lalu.

Perubahan posisi juga terjadi di peringkat ketiga. Huawei yang dulu menguasai 9 persen pangsa pasar ponsel flagship, merosot menjadi 3 persen saja. Peringkat ketiga diambil alih oleh Oppo dengan pangsa 5 persen.

Kemudian keempat ada Xiaomi dengan pangsa 4 persen, Vivo 3 persen, dan Huawei 3 persen. Sedangkan merek lain memiliki porsi 6 persen dari pasar keseluruhan.

Brand Q1 2021 Q1 2022
Apple 57 persen 62 persen
Samsung 18 persen 16 persen
Oppo 4 persen 5 persen
Xiaomi 4 persen 4 persen
Vivo 3 persen 3 persen
Huawei 9 persen 3 persen
Merek lain 5 persen 6 persen

Penurunan yang dialami Samsung sendiri disebut karena peluncuran Galaxy S22 series yang sedikit lebih lambat dibandingkan Galaxy S21 series, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Counterpoint, Rabu (29/6/2022).

Kendati demikian, Galaxy S22 yang sudah rilis pada Maret lalu ini menjadi ponsel flagship Android dengan penjualan paling tinggi.

Baca juga: 10 Ponsel Terlaris di Dunia April 2022, Lini iPhone 13 Mendominasi

Sementara tiga brand asal China yakni Oppo, Xiaomi, dan Vivo, terlihat masih cukup stabil, meski pasar ponsel di China yang menjadi andalan ketiga perusahaan ini menurun sejak 2021 lalu.

Daya tarik ponsel lipat

Ponsel lipat mulai menjadi daya tarik tersendiri. Menurut Counterpoint, penjualannya meningkat 184 persen dari periode yang sama di tahun lalu. Samsung masih mendominasi pasar ponsel lipat ini dengan seri Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip miliknya.

Kompetitor seperti Huawei, Oppo, Xiaomi, hingga Motorola, juga mulai memiliki ponsel lipatnya masing-masing.

Kesamaan model lipat yang diadaptasi perusahaan smartphone lain membuat produk keluaran Samsung tidak lagi dianggap eksklusif sehingga mengakibatkan adanya penurunan harga. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com